2015-04-23

Petir Oh Petir

Musuh developer yang tak terduga adalah 'alam'. Tentu saja kita tak pernah tahu apa yang akan kita hadapi. Ceritanya saya mendapatkan projek yang mana harus merombak tampilan dan datanya web. Seperti biasa semua tampilan sy buat langsung dan karena pede jadi ngak ada yang namanya backup apa yang saya kerjakan. Tetapi untung tampilan asli (dan database) dari site sebelumnya sudah disimpan..

Karena kesibukan saya, dan dari pihak client merasa bahwa tugas saya sudah selesai.. Jadi dari mereka memutuskan untuk stop pekerjaan saya. Dan akhirnya dengan berat hati terpaksa saya mengiyakan.. Beberapa hari berlalu dari pemutusan kerja tersebut. Saya mendengar pihak client stress berat karena web mereka stop semua (web mereka bukan 1 tetapi banyak karena berhubungan dengan web pihak lain).. Selidik ternyata terkena petir. Tapi aneh bin nyata.. yang diserang adalah server DB bukan server utama.

Jadi bisa dibilang walaupun tampilan mereka saat kutinggal sudah bagus.. tetapi data yang mereka miliki bisa dibilang ... habis di gerus oleh petir.

Aneh tapi nyata, di client lain yang terkena petir.. Memberitahu bahwa yang kena adalah komputer lama. Anehnya yang baru malah selamat?!? padahal yang lama ini perkasa lho.. tetapi diserang duluan? dan keanehan lainnya.. hampir semua yg rusak adalah yg lama bukan yg baru (termasuk server)

Kesimpulan:
apapun yang kamu lakukan. Harus ingat yang tak terduga
backup data kamu di tempat aman.. terutama metode backupnya

Tidak ada komentar: