2015-03-19

Curhat : Core dan Aplikasi

Bila di curhat lalu saya membahas CORE yang mengirim data, sekarang bahas Aplikasinya. Sebenarnya tidak ada masalah apabila CORE berjalan normal, apalagi mengembalikan sesuai status. Tapi apa yang terjadi bila terjadi hal yang tak terduga yang mana kamu juga tak kepikiran sampai disana.

RESPON YANG DIKEMBALIKAN TIDAK SESUAI

jangan langsung menuduh CORE error!! atau respon dari core bermasalah! bisa saja dari sisi koneksinya. Mari asumsikan kalau kamu punya core berada di internet dan tiba-tiba internet down saat mengirim data.. Jadi harusnya terkirim json/xml lengkap.. malah sampai ke kita ngak lengkap.
Error ini malah kita dengan muda menuduh pasti programer core update-update ngak jelas sampai begini. padahal kalau di check malah errornya terbaca
dns failed
maksudnya error bukan dari aplikasi / core tetapi dari koneksi yang menghubungi/perantara. Cara terbaik untuk melakukan check adalah.. check apakah yang dikirim adalah json/xml atau pesan lain/terpotong.

DEFAULT ERROR

Bila bisa kamu memiliki error default , gunakan apabila responnya tidak sempurna.. dan khusus aplikasi testing dapat memiliki kemampuan cetak lognya.

FORMAT DATA

Untuk format data, lebih baik menjadikan coding kamu apabila angka dan bisa dihitung sebagai integer dan format lain harap jadikan text saja. Terutama format date yang mungkin agak sensitif bentuknya

Tidak ada komentar: