2015-03-18

Alasan Jangan Membeli Zend part 2

Untuk menyingkat waktu, dengan dasar tulisan sebelumnya. Kita dapat mengetahui bahwa sekarang dengan adanya framework, rule yang tepat dan analisa. Kita dapat menghasilkan program dengan cepat. Saat ini bisa dibilang point utama dalam membuat program bukan pada alat yang kita gunakan, code yang kita gunakan.. bahkan hal-hal yang programer kerjakan. Tetapi lebih kepada hal pendukung yaitu analisa-analisa saat program berjalan


TAMPILAN

dalam membuat sebuah program biasa kita memulai dari tampilan. Hal yang umum adalah kita membuat coretan tampilan yang akan kita buat, membuat design yang sesuai, menjadikan bentuk sesuai kode yang kita inginkan (contoh html). dan sesuai tulisan terdahulu dimana adanya cms/framework dapat membantu kerjaan kita.. Gunakan itu dalam pembuatan programmu.. bila saat ini melakukan hal tersebut bikin lama.. Ingat program berikutnya akan bisa membuat kita lebih cepat mengetiknya
Framework di tulisan sebelumnya tidak terbatas pada framework kode (CI, YII, dan lain-lain) saja. Tetapi dapat juga framework tampilan (bootstrap) dan juga framework javascript. Contohnya adalah jquery , tetapi sekedar jquery saja kurang cukup. Jquery ternyata dapat digabung dengan lain!! contoh jquery-ui.
Dalam tulisan ini saya mengingatkan agar tidak tergantung pada 1 metode saja. kita bisa gabungkan!! dan jangan kaget bila kamu bisa menggabungkan YUI dan JQUERY dalam satu halaman.. walau dalam keadaan sebenarnya lebih baik di hindari. Akibat dari tindakan (yang tak langsung saya minta disini) adalah kodemu menjadi berantakan.. dan akibatnya error mudah terjadi.. baik error terlihat / tidak terlihat..
Tapi tunggu, kita perlu kupas lagi agar penjelasan kenapa ZEND terkait dengan artikel ini jelas.

SERVER

Jangan samakan server yang anda gunakan (nanti) seperti server yang anda hadapi di local.. Bisa saja terjadi perbedaan walaupun kamu sudah berusaha agar hal tersebut tak terjadi!?! jangan lupa dengan bagaimana anda akan memastikan semua berjalan sesuai harapan?
Saya bukanlah orang yang faham server, tetapi urusan server kalau error sedikit.. saya tentu panik. Kalau error siapa yang harus di kontak? tentu saja orang yang tepat.. Nah ini baru sekelumit masalah yang akan kita dapatkan kalau memakai server.
setelah tulisan ini saya akan bahas dari bahan yang didapat saat seminar ZEND. Ada apa dengan ZEND dan apa hubungan ZEND dengan kita memilih ZEND sebagai salah satu rencana terbaik untuk kerjaan kita.

PROGRAM ADALAH SEORANG BAYI

Ingatlah program itu sebagai seorang bayi. awalnya kecil, perlahan jadi besar. Disni kita akan bahas dari sisi PHP. Apa itu PHP? apakah anda tidak tahu apa itu php? silakan baca wikipedia agar tidak terlalu banyak bahasan.
PHP itu sendiri berangkat menjadi program/bahasa yang digunakan dari orang biasa hingga profesional. Dengan tujuan Hobi hingga tujuan yang lebih serius, tak hanya kecil programnya.. bisa juga besar!! Ingat konsep bayi, yang kecil juga akan besar!
PHP itu bertipe 'BEBAS'. Jangan samakan dengan FREE = GRATIS. Namun balik jadi pertanyaan.. kalau gratis (fact), bagaimana untungnya!! namanya gratis pasti banyak jeleknya.. salah satunya ngak ada support dari pihak PHP bila kamu ada masalah.. lalu support dari siapa?? tentu saja dari programer.. memang programer tidak dibayar untuk bikin sesuatu?

ZEND SERVER

saat ini zend sudah mendukug php terbaru, yang mana kita harus sesuaikan dengan PHP yang kita gunakan.. tolong perhatikan bahwa beda php, artinya bisa beda cara kodenya.. dan juga perhatikan extension yang di support. Kemampuan yang lain dari zend adalah
  • kemampuan mengatur aplikasi
  • job queue
  • code tracing
  • java bridge
  • Page/Opcode/data Cache
Penjelasan tentang hal kemampuan Zend lebih detail bisa di lihat di sitenya. Karena tulisan ini tidak dibayar untuk iklan zend.. malah menyuruh anda jangan beli zend (baca judul).. problem disini adalah saat saya menyebut zend server, hal pertama yang terpikir adalah mahal, berikutnya adalah pasti harus pake zend framework.. well no 2 sebenarnya tidak masalah harus pake zend FW

APP MONITOR

adalah monitor web. kemampuannya adalah jika kode (sistem) kamu ada masalah ,   Perhatikan bahwa namanya error terbagi atas:
  • peringatan / notice
  • error / fatal error
  • depracated
  • dan lain-lain
tolong di ingat bahwa lebih baik memastikan errornya tidak terlihat walaupun peringatan sekalipun

JOB QUEUE

pekerjaan dari server akandi 'stack' sehingga akan menghindari waiting list. Nantinya dengan fitur2 baru dari Zend Server, kita akan mengetahui bahwa kemampuan berbanding dengan ... harga

Z-RAY

bila di firefox kita kenal ama firebug.. kalau enggak kenal silakan lihat di firefox (browser). Di Zend, inilah firebugnya. kemampuannya adalah:
  • menjelaskan error yang terjadi (tidak harus error kritikal).
  • isue notice di php
  • list sql yang dijalankan
  • list request yang terjadi
  • kemampuan membuat ekstension seendiri. baik bisa digabung dengan WP, Drupal dll

MONITORING RULES

dalam maintenance program yang baik adalah ketika ada masalah pada kode dan juga query, maka user bersangkutan akan dikirim email/informasi bahwa ada masalah. Ingat pada penjelasan error tak selalu harus kritikal.

MANUSIA VS MESIN

Sebuah sistem akan berjalan apabila semua elemen berjalan. Elemen yang dimaksud disini adalah input, ouput, data, user yang memakai, user yang akan mendapatkan sistem dan tempat dimana sistem itu berjalan.
Sebuah sistem manual, kita dapat meliat dari sisi manusia yang memakai sistem tersebut. Namun hal berbeda apabila sistem kita adalah sistem berbasis komputer. Namun hal ini tidak cukup karena komputer belum tentu sesuai dengan laporan yang ingin kita dapatkan. Selain itu kita memiliki keinginan agar sistem non-manual ini dapat menghindari kita hal yang terjadi di manual.
Agak lucu bila kita membandingkan manusia vs mesin. Namun kita harus melihat bahwa ketahanan manusia dan mesin berbeda. program yang kita buat ini bergerak di mesin yaitu server. Tetapi kita tak bisa mengetahui bagaimana server dapat berjalan normal kecuali kita bertanya pada servernya.
Tetapi bertanya terus-terusan juga tidak akan menunjukkan problem dari server. Terkadang kita harus membuat sistem lain yang mengecheck problem dan lapor balik ke kita.

UANG

Apa alasan sebuah sistem dibikin komputerisasi.. jawabannya paling dasar adalah.. UANG. sangat jarang saya temukan orang membuat sistem komputerisasi karena dia punya uang yang bisa di habiskan. Tetapi nyatanya dia keluar uang agar dapat uang lagi!!
Berita buruknya saat kamu membuat sistem, permintaan awal yang awalnya ngak keluar saat perjanjian awal adalah..
bagaimana cara saya dapat uang dengan sistem kamu
Dan mari kita asumsikan bahwa pembicaraan tersebut sudah lewat. Berikutnya adalah kamu akan berfikir bagaimana cara memastikan uang yang keluar dan masuk sesuai dengan harapan!! Disinilah muncul pemikiran membuat sistem ke dua.. sistem yang menganalisa.. dan jangan lupa.. membuat sistem yang menganalisa itu sama aja ... membuang beberapa bulan untuk berjalan!!

ANALISA

cara termudah untuk menganalisa sistem kamu adalah dari datanya.. Tetapi hal lain adalah dari bagaimana cara menginputnya dan lain-lain. Hal yang tak terduga adalah semua sistemnya sudah ok dari sisi input dan output.. tetapi ternyata ada lobang dari sisi bagaimana data itu di proses.
Analisa sistem tampaknya tidak selalu berakhir seperti yang kita hadapi. Belum lagi berujung pada hal-hal yang tak terduga. Bagi saya analisa terbaik dilihat dari bagaimana data itu di input dan diproses. kemudian memperhatikan bagaimana peraturan yang berlaku dari sisi SOP yang ada diperusahaan.

BAGAIMANA ZEND MEMBANTU 

Zend seperti awal tulisan kita melihat fakta zend itu mahal. Tapi apakah mahalnya seperti mahalnya menyewa banyak orang untuk menjalankan sistem secara benar?Disini kita bisa kupas sebagai berikut, untuk menjalankan sistem kita biasa membutuhkan
  • coder untuk menulis koding
  • web admin
  • server maintenance
  • dan lain-lain
Sistem dengan server memang ngak bisa di anggap sederhana.. Belum lagi ada orang yang menganalisa tetapi tidak langsung melihat ke sistem (kita biasa sebut auditor). Bahkan dalam kantor gw sebelumnya memakai monitoring yang setiap harinya dari pagi-malam lihat monitor

BAGAIMANA ZEND DAPAT DI APLIKASIKAN

 Anggap saja saya saat ini saya memiliki sebuah sistem yang akan dikomputerisasi. Lalu setelah beberapa lama ada fitur baru yang masuk, bagaimana cara agar sistem tetap jalan tetapi fitur bisa naik? setelah beberapa lama, akhirnya ada pemikiran apa yang terjadi didalam sistem.. apakah ada masalah didalamnya? sehingga kita butuh sistem agar dapat check sistem
Kedengarannya jadi seperti pemborosan bila ada sistem mengatur / check sistem?!? kecuali sistemnya memiliki kemampuan untuk mengatur. Disinilah Zend dapat menunjukkan kemampuannya, dengan step sebagai berikut:
  • check setiap code yang digunakan termasuk error yang muncul
  • check query yag digunakan
  • check bagaimana code dapat mengalami masalah dalam pengerjaannya
  • membagi antara server untuk development dan produksi. termasuk server untuk aplikasi lain
  • pengechekan integritas sistem saat berjalan
  • pelaporan sistem persatuan waktu

Kesimpulan

 untuk menyingkat waktu, dan mengurangi banyak kesalahan, berikut kesimpulan yang didapat dari adanya Zend
  • memastikan kode yang diberikan berjalan normal. Berjalan saja tidak cukup, karena bila tidak di check dengan benar maka kode kita dapat di inject dari pihak yang tak bertanggung jawab. bila disini kita sebut hacker, tetapi ada satu pihak lagi yaitu orang yang tidak tahu input darinya membuat masalah juga kesalahan saat pengiriman data.
  • Code yang mengalami kekurangan sehingga mengeluarkan peringatan berarti memiliki celah baik tak sengaja maupun sengaja untuk bisa di eksploitasi
  • Bgaimana cara server menangani laporan error dari code baik yang akan berjalan maupun sedang berjalan. laporan error tersebut kadang didapat dari saat sistem sudah berjalan atau sudah dalam status production
  • zend dapat membuat laporan server yang di generate sesuai keinginan
  • kemampuan untuk ganti coding dari development ke produksi 
  • kemampuan untuk membagi-bagi antara kode sistem A, B dan juga produksinya.
Ada yang jarang dibahas oleh artikel lain yaitu... sebuah sistem membutuhkan biaya yang sebenarnya sama. tetapi yang tak diketahui adalah bagaimana biaya itu keluar .. apakah dalam waktu cepat!! ataukah waktu lambat.
Cepat disini adalah dengan adanya server seperti Zend , maka kita akan keluar banyak dana untuk membelinya.. dengan adanya server tersebut, kita tidak akan mengurangi pekerja saat ini. Namun beberapa tahun kedepan kita dapat mengurangi. sehingga biaya yang keluar akan lebih hemat.. Apalagi dengan adanya fasilitas yang tersedia di Zend, masalah yang akan timbul bisa diminimalisir.. bayangkan apabila tidak ada fasilitas/kemampuan seperti Zend. Betapa repotnya programer dan admin menghadapi serangan.. Padahal serangan dari internet sendiri tidak ringan

KENAPA NGA BELI ZEND

Sejak kita kecil, kita tak pernah mendapat pengajaran jelas bahwa apa yang kita tabung akan kita dapatkan nanti. Atau bisa dibilang kita hanya menganggap kata2 "sedikit-sedikit menjadi bukit". dimana kita malah memilih pake kredit biar bisa beli hp iphone
kata-kata itu sebenarnya bisa terbalik bukan dari mengumpulkan uang malah memiliki hutang!?!? ditambah lagi masalah ini juga bisa di kaitkan kenapa ngak membeli Zend?! pertama masalah sedikit-sedikit menjadi bukit. Pandangan dulu adalah perlahan-lahan punya web sederhana lalu nanti jadi site besar itu dari sisi kita tentu tidak salah. kita keluarin uang sedikit-sedikit.. tetapi ujungnya kita baru menyadari bahwa uang yang kita keluarkan malah makin besar.. dan terkesan membuang waktu juga uang.
Lalu apa yang terjadi kalau buang uang banyak sekalian? kita tak pernah tahu apakah pilihan ini tepat! sejujurnya saya pribadi tidak mau keluar banyak uang, kalau tidak ada kepastian.
  • Jadi bisa dibilang alasan pertama adalah UANG
  • alasan kedua adalah bagaimana cara kamu memasang zend. Tidak mudah memasang Zend
  • alasan ketiga tentu saja siapa yang bisa ditanya bila ada masalah? disini kamu butuh orang yang menangani server secara ngak langsung. Atau kamu yakin server bisa jalan sendiri tanpa perlu orang dibelakang layar?
  • requirement yang dibutuhkan
  • butuh orang yang mampu membaca keterangan dari laporan zend secara optimal
Apabila ujungnya memasang Zend Server malah berujung kamu kesulitan.. apakah kamu akan terus lanjut?!? .sekedar tambahan.. mencoba zend server secara FREE sudah bisa dilakukan... sehingga apakah pilihan membeli zend tepat atau tidak? tergantung dari anda! itulah sebabnya anda membutuhkan konsultan yang sesuai dengan kebutuhan anda..

Tidak ada komentar: