2012-11-03

Melakukan backup site gw

Situsku adalah situs yang sangat update. Sebenarnya untuk melakukan backup, kita wajib untuk mematikan situsnya agar tidak ada update. Tetapi apa daya, ternyata tidak mudah melakukan itu. Mematikan bisa merugikan situs pekerjaanku. Jadi disarankan sistem tetap berjalan dan backup dapat dilakukan.

Saat ini gw memiliki control panel dan akses root! Tetapi saya membuat ini untuk yang tidak mendapat akses sebanyak saya. Hanya akses control panel dan tentu saja akses phpmyadmin karena saya pakai mysql.
Untuk mysql, pastikan kamu mampu membuat lebih dari 1 database atau lebih baik minimal 4!! konsepnya disini adalah kamu melakukan copy dari database 1 ke database backup. Hal ini juga dapat dipakai untuk database lain. Terakhir barulah kamu backup database tersebut.

Ada 2 metode. Saya lebih suka metode pertama yaitu yang aman. Untuk metode kedua yaitu yang cepat tidak saya rekomendasikan.


Cara backup yang lebih aman

Backup ini agak lama, tetapi saya suka karena lebih aman. 

  • Menuju PHPMYADMIN
  • buka 'backup' (database). kalau belum ada atau namanya berbeda, tolong disesuaikan.
  • Hapus table-tablenya. langkahnya terserah anda, saya biasa mengklik semua lalu drop. Bila anda tidak faham yang ini, info saja.
  • pilih database yang akan di backup misal siteku
  • pilih operation
  • pilih ‘copy database to..’ isi databasenya backup
  • klik ‘switch to ...’ yang ada di form
  • unklik ‘create database to ...’ yang ada di form.
  • tekan go. Step di atas untuk copy isi database utama ke database backup  
  • Tunggu beberapa saat
  • Bila ada database lain, lakukan juga dan copy ke backup. 
  • Setelah selesai, backup melalui control panel backup!! 
Cara yang lebih cepat sebenarnya memakai control panel backup. Tetapi tidak semua memiliki control panel backup, jadi cara yang termudah dan agak menyusahkan adalah export memakai phpmyadmin

Tidak ada komentar: