2014-07-29

RPG Maker VX - Membuat Event sederhana (tanpa kode didalamnya)

Membuat projek baru

Dalam mempelajari RPG Maker VX (dalam gambar di atas memakai VX bukan Ace), kita harus memahami event. Event merupakan perintah dasar dalam membuat RPG. Untuk mempercepat mari membuat projek baru terlebih dahulu.

Untuk memilih event pilihlah icon berikut
disarankan membuat dahulu tampilan seperti ini untuk menguji.

buatlah 1 event dan letakkan di dekat karakter
kanan adalah eventnya. Tetapi kita akan skip aksi yang ada didalam kotak window event setelah kamu klik 2x pada salah satu kotak
Disini kita dapat window kosong sebagai berikut. Bila kamu menekan / double click pada list of event commands.
Untuk perintahnya akan dibahas pada artikel berikut. Mari bahas 1-1 dari gambar window event.

EVENT PAGE

Disini terdapat (dari kiri ke kanan)

  • nama. sudah jelas karena dapat di isi, saran saya berikan nama yang mudah di ingat
  • new event page. Menambahkan halaman baru, ini sangat berguna bila dalam 1 event terdapat event2 lainnya. 
  • Copy event page. event yang aktif akan di copy / gandakan ke memory
  • Paste event page. event yang sudah di simpan di memory akan dikeluarkan. Hasilnya akan mengeluarkan halaman baru
  • Delete Event page. Event yang aktif akan di HAPUS. awas hati-hati
  • Clear Event page. halaman yang aktif akan di hapus isinya! berbeda dengan delete, clear hanya menghapus isi dari halaman yang aktif jadi kosong
Halaman yang akan keluar

CONDITION

Adalah kondisi-kondisi yang dapat membuat halaman ini muncul. Disarankan untuk berhati-hati dalam memakainya. Bila berisi banyak halaman, pastikan siapkan 1 halaman kosong untuk kondisi yang tidak sesuai dengan yang kamu buat! Letakkan halaman tersebut di akhir (angka paling besar). Kondisi tersebut terbagi 6 check yaitu
  • Switch : apakah switch tertentu ON? dapat memakai 2 switch 
  • Variable: apakah variabel tertentu memiliki nilai 1 atau lebih.. namun memakai variable agak riskan?
  • Self Switch: dimulai dari XP, setiap event memiliki switch sendiri yang terdiri dari A,B,C,dan D. 
  • Item: hanya dapat aktif bila ada item tertentu. Saya biasa melacak item dari code/command bukan condition untuk keamanan (bila itemnya lebih dari 1)
  • Actor: hanya aktif bila ada karakter tertentu. sama seperti item
Untuk penjelasan Switch dapat di analogikan sebagai tombol nyala dan mati. Bila dalam game memiliki switch yang bisa digunakan secara global (switch atas), ada juga switch setempat saja di peta itu. Ini berguna menentukan apakah item sudah pernah di buka /tidak. 
Dulu sewaktu 2K dan 2K3, kondisi self switch diletakkan di switch. bila ada 50 item/kotak maka akan rugi.

Tampilan event


Berikutnya adalah Grafik. klik lalu pilh posisi yang sesuai. Perlu diketahui bahwa grafik dapat memakai tileset tertentu juga. Berikutnya adalah apa yang mampu dikerjakan

MOVEMENT

Type

Type yang ada di kanan berisi
  • fixed. posisinya akan selalu sama
  • random. kita tak bisa kendalikan pergerakannya
  • approach. event akan berusaha mendekati kita
  • Custom. akan dapat menentukan Route nya. cara melakukan edit routenya dapat menekan move route yang mengeluarkan 

Kita skip penjelasan move Route ke tutorial berikutnya.

Speed

Kecepatan terdiri dari 6 macam yaitu x8 Slower (lebih lambat), Normal hingga x4 Faster (lebih cepat). Artinya gerakan dia akan lebih cepat/lambat.

Freq

bagaimana seringnya langkah di lakukan. Bagi saya sama seperti speed. Atau kita bisa anggap pengali kecepatan. Kalau kecepatan lebih kepada bagaimana langkah/rute di jalankan, maka freq lebih kepada animasi yang digunakan.

OPTION

Pilihan yang dapat di ambil , terdiri dari
  • Walking Anim. memperlihatkan gerakan berjalan. untuk api dapat membuat seolah-olah api bergerak! walau dia tidak jalan. lebih condong jalan ke arah horizontal
  • Stepping Anim. sama seperti di atas tetapi lebih kepada gerakan naik - turun
  • Direction fix. tidak ada perubahan gambar bila gambar bergerak/melangkah! cocok untuk batu yang bisa digerakkan
  • Through. dapat dilewati

PRIORITY

Ada 3 macam
  • Below: berada dibawah. artinya bisa di injak
  • Above: berada di atas. artinya akan menutupi karakter bila melewati
  • Same as: berada di posisi sama seperti karakter.
Normalnya kita akan memakai same as, namun bila untuk sesuatu yang di pijak. memakai below juga bisa. Namun untuk above biasanya tidak bisa di jalankan.

TRIGGER

biasa disebut kondisi yang membuat code/command dapat berjalan. 
Terdapat beberapa kondisi, tergantung keperluan
  • action : akan jalan bila kamu berada disebelah lalu menekan tombol ngobrol
  • player: akan jalan saat player menyentuh (bukan disentuh) tetapi kadang bisa jalan saat kita dekat dengan karakter tersebut
  • Event Touch. akan jalan bila ada even bersentuhan 
  • Autorun . akan muncul saat pertama kali di jalankan. Event ini akan mengambil alih command
  • Paralellel. sama seperti di atas dimana tidak akan mengganggu 
Sisanya adalah list event command. Setelah OK semua, tekan OK di kanan bawah! Tutorial ini dapat digunakan di XP, VX dan VX Ace.

@KID_2k3

Tidak ada komentar: