2013-05-28

Curhat programer CI yang mendadak jadi Newbie

wakzzz
lucu juga.. ketika gw dah bisa pake controler, model dan helper juga view.. Tetapi sejujurnya blum pake library bawaan luar CI jadi ngak bisa curhat tentang itu. memegang web e-commerce membuatku banyak dapat masukan.. dan juga dapat kesulitan.. saya cerita satu-satu dulu.

TIDAK MUDAH MEMULAI, MELANJUTKAN JUGA SAMA SULIT

Gw kerja sebagai programer yang meneruskan memelihara website e-commerce. Sejujurnya kalau disuruh bikin pasti gw jg gk akan bisa sebagus itu. Tetapi karena memelihara, setidaknya gw dah bisa sebagian! Namun sayang cara dan langkah dia berbeda dengan apa yang gw kuasai.

PENAMAAN YANG TIDAK MASUK AKAL

ketika membaca model yang ada, gw menemukan kalau penamaan didalam model itu benar-benar tidak masuk akal. Apalagi mengingat cara kerja fungsinya itu antar satu model dan model lain saling berbeda langkahnya. 
Tapi bagaimanapun juga agak merasa kesal karena ngak bisa memakai perintah db seperti berikut
$this->db->select('*')->from('tableku')->where('....')->get;
buat gw jadi dilema karena itu berarti udah di anggap tidak bisa mengikuti fondasi dari web sebelumnya. Apalagi namanya sendiri ngak tepat malah berulang.. contoh:
$this->product_model->productBySub()
sebenarnya nama fungsi pake produk itu ngak usah ditulis lagi.. namun kembali lagi.. kita pemula dalam dunia FW.. walau gw sendiri udah 2 tahun pake FW.. CI belum 1 tahun lho!! cara ini ngak salah


CAPE BOLAK-BALIK

Disinilah gw menemukan bahwa gw makin bingung dengan logic. Secara gw tahu metodenya adalah
♠ controler : bikin banyak var yg dikirim ke view dari model
♠ Model : mengeluarkan query yang diparse langsung (bukan di view parsenya)
♠ bikin tampilan dan dipecah-pecah sesuai kebutuhan

Wajar seh bingung, soalnya gw dah terlalu biasa.. kalau ada yg mau dikerjakan tinggal taro di script itu. Dan sialnya gw kebiasaan pake prosedur dibandingkan pake class?!

ALASAN PAKE PROSEDUR

mungkin sepele.. ini cuma gara2 pemakaian panah aja ( -> )!! coba deh kamu ketik cepat "-> "!! Gw jamin pasti kamu hrs menekan shift buat ">"nya. dan buat orang yang ngak terlalu cepat ngetik, menekan shift + > sangat menyusahkan.. 
*kayak mau kungfu aja*
kebiasaan gw prosedur itu biasanya cuma ketik nama fungsi saja dan gw kebiasaan dah pake penamaan tipe yang akan dipanggil dan apa yang dikerjakan contoh:
produkByCode
sedangkan kalau dibuat class kita bisa nulis
produk->code

MALAS YANG BIKIN MASALAH

gw pernah disarankan ama temen. dia bilang kamu harus belajar malas.. karena orang malas akan berfikir cepat agar tidak repot-repot. Dan faktanya gw bisa melakukannya. sebagai kasus, gw pengen narik laporan penjualan dengan status 1,2,3! Namun daripada bikin
♦ fungsi query status 1
♦ fungsi query status 2
♦ fungsi query status 3

mending bikin for(i=1;i<=3;i++) lalu panggil query dgn status dari i
Belakangan rasa malas itu nongol kembali, daripada memakai model yang sudah ada tetapi hasilnya boros (beberapa fungsi hasil keluarannya boros) dan tidak sesuai keinginan! lebih baik membuat sendiri lepas dari model..

Ini ngak langsung saya sudah menghindarkan pemakaian MODEL??

METODE CI YANG MAU KUPAKE

dari tulisan diatas, inilah inti dari pembicaraan. Entah kenapa gw kok kepikiran kalau controler itu ngak usah rumit-rumit isinya! kalau di coding kantor gw, bahkan isinya panjang banget.. Eh malah yang mau gw bikin cuma 5 baris (minimal) yaitu
♥ baris manggil model yang akan dipake dan juga library .. kita anggap 1
♦ baris memasukkan keterangan pada site seperti judul, meta dan lain-lain. Well ini panjang sebenarnya
♠ baris memeriksa input lalu lempar ke model (ngerjainnya di model), bukan proses di controler.. kalau di coding kantor malah ngerjainnya di controler!! model hanya untuk save/insert ke db
♣ panggil view
♠ tulisan curhat dan keterangan

KEGUNAAN MODEL NANTINYA

Model sesuai tulisan di atas akan digunakan proses input! lalu untuk save (buat gw rasa bikin helper saja daripada nulis $this->db->insert() ). Nantinya model akan jarang dipanggil di controler, kebanyakan akan dipanggil dari view.

CARA NEWBIE
cara demikian yang saya tulis di atas sejujurnya cara newbie. Sangat sayang ilmu dah tinggi tapi kok malah suka pake moedel yang jadul begini.. well sekarnag lg mikir cepet seh dibandingkan
..... keren bisa pake ini dan itu


ini curhatku.. bagaimana curhatmu?

Tidak ada komentar: