2012-11-05

Joomla : bikin komponen sendiri part 1

Sebenarnya ini berawal dari kemalesan bikin komponen lengkap. Tapi apa salahnya gw share ilmu ini. Ilmu ini tidak bisa 1 artikel selesai, ada bagusnya di artikel ini gw jelaskan kenapa bentuknya rada aneh bin-ajaib. Pertama ini script saya uji di joomla 1.5 bisa, tetapi tidak kucoba di versi yang lebih tinggi. Jadi bila anda tertarik gunakan yang versi 1.5 saja. Saya mengawali tulisan saya dengan membuat table-table yang berhubungan dengan komponen saya. Tepatnya saya akan membuat table
  • Permission
  • user_permission
  • my_id
Untuk penamaan saya ingin memanfaatkan prefix, tetapi agar standarnya sama dan anda tidak bingung, jadi kuputuskan memakai nama yang di atas.
Manfaat dari table itu adalah untuk mengendalikan fungsi-fungsi yang ada di komponen kita seterusnya. Saya mengasumsikan bahwa yang memakai sistem walau anda adalah admin tidak boleh memiliki akses kecuali anda diberikan. Admin hanya boleh memberikan hak, bahkan tidak boleh memakai sistem selain memberikan akses. Masalah keamanan jadi tolong dimaklumi.

Untuk table Permission, saya ingin didalamnya berisi
  • nama permission
  • keterangan permision
  • tipe permision. disini maksudnya tipe permission yang didapat, sistem akan membaca ISI dari tipe dan membandingkan dengan hak yang boleh dilakukan. Disarankan menulisnya memakai huruf kapital dan dipisahkan dengan koma.
Untuk table user_permission, berisi
  • id user
  • id permission
Pada program saya sebenarnya malah nama user bukan id, tetapi untuk mempermudah saya membuat id. Membahas tentang id, sebenarnya id yang dipakai bukan id hasil autoincrement table, melainkan id dari table my_id. Isi dari my_id adalah
  • id
  • waktu
  • ip
sebenarnya 2 saja cukup, ip bersifat optional. Kegunaannya untuk mendeteksi kapan id tersebut di buat. Dari 3 table di atas kita sudah dapat membuat tablenya dengan mengetikkan query sebagai berikut:

Bila ada kesulitan, silakan bertanya dibawah.

Tidak ada komentar: