2012-09-13

Pertemuan 1 - Pasang XAMPP

Untuk pertemuan pertama, saya akan memfokuskan untuk menginstall aplikasi terkait. Sebenarnya instalasi aplikasi terkait tidak sulit, tetapi ada beberapa hal yang perlu di jelaskan seraya memasukkan/ instalasi program tersebut. Berbeda dengan pelajaran PHP dan Mysql yang ada, pelajaran disini lebih kepada praktek dibandingkan teori. Teori akan dijelaskan bersamaan dengan pelajarannya. Poin utama pada pertemuan pertama mengenal CI dan PHP adalah sebagai berikut:
  •    install xampp
  •    pasang server ftp
  •    install notepad+
  •    memakai notepad+ sebagai editor ftp


Instal XAMPP
Tidak ada yang sulit dalam instalasi xampp ini. Bahkan mungkin anda sudah menginstal versi terbaru atau malah versi lain seperti apachetriad atau bahkan instalasi sendiri. Alasan kenapa XAMPP dipilih sebagai program yang digunakan adalah karena XAMPP memiliki program-program minimal yang diperlukan untuk belajar PHP. Standar utama mempelajari PHP adalah kita butuh
  • Apache
  • PHP
  • dan setting apache agar bisa baca php.
pilihan no 3 sebenarnya bukan program tetapi adalah keharusan yang perlu ada. Saya menyarankan untuk memakai xampp 1.6.7
http://sourceforge.net/projects/xampp/files/XAMPP%20Windows/1.6.7/
Apabila memakai versi terbaru, saya tidak melarang.

Alasan menggunakan 1.6.7 adalah agar kita tidak perlu melakukan editing banyak didalam xampp. Kebanyakan yang saya lihat dari versi terbaru (saat ini ditulis 1.8) adalah setting yang harus dilakukan agar dapat sesuai, seperti harus menulis lengkap untuk tag php, error_reporting yang membingungkan dan lain-lain.

Saat melakukan instalasi XAMPP, sebelumnya kita harus memperhatikan bagaimana tampilan XAMPP saat di instalasi. Perhatikan bahwa dalam memulai instalasi, kita akan di jelaskan apa yang akan di instal (secara garis besar), lalu ada user agrement, pemilihan bahasa dan instalasi menu.


SERVER FTP

Mari bergerak ke salah satu fitur di xampp yaitu filezilla server. Kita kenal ini sebagai FTP Server, memang tidak ada unsur php dan programing disini, tetapi ftp server ini berguna untuk mensimulasikan FTP yang akan kita pakai saat membuat web nantinya. hal lain adalah menghindari membuka komputer (server) yang digunakan untuk meletakkan php kita.
Normalnya membuka server adalah
  1. bukan start - RUN
  2. mengetik (di windows) \\nama-server
  3. mengisi password
  4. masuk ke foldernya
  5. pilih folder
  6. lalu edit datanya
Tetapi cara ini berbahaya karena bisa saja saat kita masuk malah muncul virus yang menyerang server. Dengan FTP, kita bisa melakukan minimalisasi serangan Virus.

Jalankan (tekan start) filezilla di control panel xampp. Pilih jalankan sebagai service (seperti yang diminta).

 

Kemudian tekan Admin

 

kita akan mendapatkan tampilan sebagai berikut

 


Tambahkan user dan berikan akses maka itu akan jadi user ftp kamu. Dalam pelajaran ini saya asumsikan kita mendapat
user ftp : test
password: 1234

nanti akan kita gunakan untuk melakukan pemanggilan FTP. Saat ini kita lewati dahulu cara memasangnya dan langsung instalasi Notepad ++

Dapat dibaca di google doc CI

Tidak ada komentar: