2014-04-04

ask 2 solve : select dari post

Saya punya form anggap aja isi formnya terdiri dari nama dan kota (select) tempat tinggal (simple) lalu kalau saya submit maunya select kota dibawah sama seperti terakhir saya pilih sebelum submit bukan kembali ke atas?

Semua pertanyaan harus ada kode atau gambaran yang akan dibuat. Tetapi ada bagusnya beri gambaran yang masuk akal seperti form data anak kos yang mana bagian kota ingin tidak berubah. Mari asumsikan dalam pertanyaan ini ada 2 form (belum termasuk submit) yaitu

  • nama
  • kota
tetapi dalam coding yang saya gunakan, saya akan memakai nama pilih walau dalam tulisan ini memakai kota.  mari bahas logikanya
Logika pertama adalah saat dikirim pertama kali kita mendapatkan variable nama dan kota. Input kedua variable ini di table (insert into ....), kemudian kita tampilkan form yang tadi. Namun ada 1 hal yang perlu anda ketahui! setelah input langsung menunjukkan form bukanlah cara yang  'benar'. Saran saya adalah lebih baik lempar saja ke halaman form input sambil mengirim variable GET.

Namun bila itu menyulitkan mari ignore saran bagus tersebut! Disini kita akan memakai kota sebagai kunci agar kota (select) dapat terseleksi. Pertama yang dilakukan adalah memasukkan semua data yang akan muncul di select ke array.

Step berikutnya mencocokkan, bila ada maka muncul selected. Bila tidak tidak akan keluar. Untuk codenya dapat melihat di sini

Tetapi kondisi ini harus diperbaiki bila ternyata selectnya itu bertipe array dan pilihannya bukan 1! tetapi lebih dari 2

Tidak ada komentar: