2014-02-04

960.gs kalahkan dominasi table

saya mengenal 960 sejak lama, tetapi sejujurnya belum pernah menyentuh jadi tidak tahu bagaimana rasanya. Namun menurut teman dia cukup senang dengan ini. sayangnya tutorialnya lebih kepada grid dibandingkan tambahan lain! tapi itu wajar saja karena 960 itu lebih kepada grid dibandingkan css lainnya. Komen ini mungkin bukanlah komen final! karena bila anda tak mengenal, maka anda tidak bisa sayang padanya.
Tentu agak tidak etis bila membandingkan ini dengan bootstrap! Namun kita tidak membutuhkan tambahan-tambahan itu bila kita faham atas apa yang dibikin. Nyatanya tanpa ada css tambahan itu, buatan 960 juga bagus!
Bila melihat dari tampilan berikut kita mungkin tidak mengerti penggunaannya
namun sebenarnya ini menjelaskan bagaimana grid itu terbentuk. contoh bagian slider berasal dari 12 grid, bagian bawah 4 dan seterusnya. Sayangnya kita tidak mendapatkan html yang dapat dibaca, apalagi perlu extra keras memahami jika kamu lebih suka cepat!

hasil 960 sendiri cukup enak dimata! namun bila ke masalah coding akan menyusahkan tanpa adanya design yang sudah kamu tentukan! Mana lagi respon atas 960 (dibagian tutorial) agak lambat dan tertulis disana reply terakhir 3 tahun yang lalu!
Tetapi tujuan utama dari 960 adalah untuk mengalahkan dominasi table yang cukup cetar saat itu!! bahkan sekarang juga tetap cetar walau kita tak pernah bisa melihat table kecuali di view source!
walau saya mengakui bahwa memakai table masih tetap lebih mudah daripada div atau dl/dd

Tidak ada komentar: