2013-04-12

JNE dah di update di sistem gw

Bila kamu membaca tulisan saya sebelumnya. Kita sudah tahu tentang tarif JNE naik per 15 April.. Ini bukan hoax karena saya sudah klarifikasi itu benar. Setelah 2 jam ngerjain ato convert JNE dari versi sebelumnya ke versi baru.. Barulah saya bernafas lega.. TAPI MAAF ITU BOHONG

sebenarnya di sistem webku sendiri sudah ada databasenya untuk JNE.. tetapi formatnya berbeda. Masalahnya ada input yang non JNE didalamnya yang mana harus sedikit pintar ngerjainnya. Berikut adalah tahapan saya memasukkan tarif JNE itu ke dalam database saya! Perlu di ingat saya melakukan update bukan insert saja.

Pertama saya perhatikan kotanya. Bila kamu perhatikan dari table JNE ada yang merujuk pada nama kota. Namun ada nama kota yang kembar jadi cara supaya bisa terlihat hanya 1 kota saja.. saya memakai perintah query
group
setelah berhasil pake grup saya mendapatkan list nama kota.. Disinilah segalanya dimulai.

PASTIKAN KOTA DI JNE ADA DI DATABASE

Setelah berhasil memanggil memanggil list kotanya. Saya harus check 1-1 dari list tersebut. Bila tidak ada maka masukkan kedalam sistem. Saat mengerjakan ini saya mendapatkan 10 nama. Untuk faktor keamanan, kuputuskan untuk memasukkannya manual ke database.

UPDATE TABLE JNE DENGAN ID KOTA

Semua kota memiliki id, namun di table JNE tidak ada id kota. Jadi pertama kubuat dahulu field kota
berikutnya dengan script ku update kota tersebut dengan id kota yang ada di table kota. Namun ada masalah!! penamaan di JNE memakai kota, kabupaten dll.. sedangkan dalam sistem saya tidak ada!

Cara pintarnya adalah menghilangkan kata kota yang ada didepan.. Namun ini bisa gawat karena bisa saja kota di akhir malah hilang juga. Namun saat selese program ini, saya melihat tidak ada kendala.

MEMISAHKAN TIPE JNE

Jne memiliki beberapa tipe yaitu:
  • Yes
  • Oke dan
  • Regular
dalam database saya, mereka memiliki id sendiri. Sehingga saya buat logika.. saat menarik satu field, maka nilai regular akan di input ke data yang regular dan yang yes demikian. 

MEMASTIKAN UPDATE SESUAI

Saat mendapatkan sistem baru, kita pasti terpikir.. Lebih cocok kalau input baru. Namun jangan sembarangan, input baru bisa merusak struktur yang sudah ada.. Jadi mau ngak mau kita harus pastikan edit / update yang sudah ada. 
Namun tidak semua ada di dalam , sehingga kita harus melakukan insert.. Tentu saja ini tidak mudah karena prosesnya saat kucoba sangatlah lambat. akhirnya diputuskan memanggil querynya saja dan menjalankan di phpmyadmin sql..
Terima kasih atas update id kota di atas, saya cepat menangkap nama kecamatannya dari kota bersangkutan. Perlu di ingat ternyata ada nama kecamatan yang sama tetapi propinsi dan kotanya berbeda.

INSERT DATA

Dalam melakukan insert atau update, saya harus berhati-hati pada tarif yang tidak ada seperti tarif OK yang tidak semua Indonesia memilikinya. Belum lagi ada tarif yang penulisannya pake titik!! padahal sebenarnya tidak perlu titik (sebagai pembatas ribuan).
Setelah memilih yang mana yang bisa di buat querynya, saya harus memastikan bahwa data itu tepat.. sehingga tertulislah bentuk seperti ini
update bla bla
#bla bla
#bla bla itu adalah komen yang berguna untuk debug apakah yang saya input benar atau tidak

SALAH INPUT?

Saya tidak sempurna. dari semua input ada yang miss bahkan ada yang update tidak sesuai tempatnya. Setelah menguji kembali dan memperbaiki program.. maka semua sudah ok berjalan..

UPLOAD KE DATABASE ASLI

sebenarnya sebelumnya itu memakai localhost. Sekarang kita akan upload ke database asli. Namun cara saya adalah

  • mengubah nama table yang akan di upload di local. contoh : city => city4
  • export table tersebut di local
  • backup database utama/web
  • import table tersebut di web
  • rename table city menjadi table city4a
  • rename table city4 menjadi city
  • lakukan untuk semua table sisanya.

PENUTUP

Saat ini program saya terlihat ok bekerja dengan table yang baru. Namun ada masalah, karena ada pernyataan bahwa ada paket yang hanya menerima pengiriman untuk 2 KG ke atas saja.. ato mudahnya 1 sekian .. Juga tambahan bahwa 1,2/ 1,3 itu di hitung ke atas lagi bukan kebawah seperti sebelumnya.

Tidak ada komentar: