2012-11-19

PEAR: Curhat sebelum memakainya

dalam belajar PHP, Mysql, HTML dan JS. Kita sebenarnya tidak sadar telah menulis kode yang sama berulang-ulang. istilah katanya apa ngak bosen nulis yang itu-itu aja tapi ujung2nya hasilnya sama. Framework memberikan kemampuan dan fasilitas agar hal itu tak terjadi. Topik ini cuma curhat sebelum memakai PEAR.

Tapi kita ngak pegang Framework. Kita memakai PHP Native. Saya asumsikan bahwa anda memakai XAMPP, dimana XAMPP memiliki PEAR yang bisa anda gunakan. Untuk mudahnya anda asumsikan bahwa yang barusan saya bahas adalah 'Cara Bikin anda ngak usah ngetik cape'. Walau aslinya PEAR = 'PHP Extension and Application Repository'
Kita ngak akan membuat PEAR, tetapi yang akan kita lakukan adalam memakainya!! bahkan menggunakannya dalam program kita. Dimana prog kita adalah native!! di Framework, mereka memiliki PEAR sendiri. Di CI kita kenal Library seperti library Database.

Namun ingat, PEAR jangan dianggap sebagai penghalang kamu bisa PHP!! Tapi sebagai alat bantu kamu memahami PHP yang lebih enak! Tentu saja kita tak ingin mengetik code panjang-panjang hanya untuk menulis langkah yg sama terus.

Kesan awal memang PEAR menyulitkan. Tetapi saya tidak berniat menyulitkan kamu. Asumsikan bahwa saya juga belajar, sama seperti anda. Bukan saya malah mengajar anda, tetapi kita sama-sama belajar.

Sebenarnya cara belajar paling asik adalah... belajar dengan dibimbing. Tetapi tanpa basa-basi, bukalah google dan cari / baca tentang PEAR sebelum memulai belajar PEAR. Kita akan mencoba PEAR DB. Asumsikan nanti di PEAR DB.. kamu tidak memakai MYSQL tetapi database lain yang  kamu tidak duga-duga.

PEAR DB saya buat untuk menghadapi masalah yaitu bila client memakai NON-mysql. Sekedar tambahan, Klien ada yang memakai sql server, beberapa pertanyaan di FB selalu bertanya tentang koneksi pake PHP untuk sql server. Tolong ingatkan bila saya lupa tentang koneksi ke sql server memakai PEAR. Catatan terakhir, pertanyaan PHP ke SQL server saya baca di CI.

Tidak ada komentar: