2012-11-20

Membuat Component Joomla part 3

Tampilan bila tidak ada komponen
Tutorial sebelumnya adalah dasar, mari membuat dari dasar dan langsung memakainya. Yang akan kita buat adalah komponen belajar. Jadi yang pertama kali dibuat adalah comp_belajar. untuk akses masukkan index.php?option=com_belajar

Buatlah folder com_belajar, lalu didalamnya buat folder lagi. Nanti kamu akan mendapatkan
  • com_belajar
    • views
      • belajar
        • tmpl
Kemudian buatlah file-file seperti berikut, ikuti step dimana file ini akan dibuat
Klik link yang ada disetiap file dan ikuti posisi dimana file itu berada. Mungkin saat ini kamu bertanya kenapa tidak langsung kasi saja? alasannya agar anda memahami cara/dimana kamu akan meletakkannya. Kedepannya kamu pasti akan memakainya untuk componet lain atau malah memakai komponen ini untuk seterusnya.


Hasil akhir 
Setelah menjalankannya, inilah yang akan ditampilkan. berikutnya buatlah nama permision bernama test dan keterangannya testing.
lakukan submit dan kamu akan mendapatkan tes tersebut ada di permision di atas. Code dari saya sebenarnya hanya memperbolehkan user super admin akses ini, dimana kedepannya kamu pasti ingin memberikan hak pada user lain. Buatlah 1 permision bernama "user moderator" seperti gambar di atas (klik untuk bisa melihat)

Lakukan submit dan juga berikan hak pada user non super admin agar mampu akses halaman ini. Berikutnya kita akan memakai view, dalam hal ini di dalam folder view akan ada folder lain contoh folder user.
hint: nanti kita akan memakai perintah
index.php?option=com_belajar&view=user
Nantinya kita akan memanfaatkan layout, saat ini layoutnya masih layout default, berikutnya akan memakai layout form, list dan lain-lain. Penjelasan Layout yang saya gunakan

  • Form. Menunjukkan bentuk form
  • List. Menunjukkan List tulisan
  • Update. Proses-proses yang akan terjadi berhubungan dengan update. Saya jarang memakai ini karena semua proses update, insert dan lain-lain ada di form (saya kirim balik ke form bukan update)
  • Input. Sama seperti diatas.
  • Delete. Karena proses penghapusan sangat krusial dan butuh syarat sulit, maka layout ini sangat diperlukan walau saya menyarankan lebih ke layout form.

Mengenai apa yang akan di tampilkan misal anda membuat form tambah user, maka semua diletakkan di variable get t... semua akan dijelaskan pada tutorial berikutnya.

1 komentar:

Abu Adam AbdulBarr mengatakan...

thx banyak pencerahannya.. tambah terus bos.. ane mengikuti ... :D