2012-11-06

Joomla : bikin komponen sendiri part 2

Sebelumnya kita membuat database terlebih dahulu. Berikutnya kita akan membuat dasarnya dari komponen.

Sebelumnya mari membaut komponen dengan nama saya, karena anda belajar dari tutorialku maka gunakan nama yang kupakai. Saya memberi nama komponen saya com_gundam. Bila anda merasa sudah bisa, saya tidak melarang memakai nama lain tetapi saya memakai nama com_gundam sebagai dasar. Konsep pertamanya adalah anda membuka com_gundam lalu mengakses gundam.php disini anda sudah menebak bahwa nama gundam.php berasal dari nama componentnya. bila membuat com_test maka akan mengakses test.php

Untuk awal kita akan membuat script sederhana yaitu script bahwa "anda berhasil membuat komponen pertama". Cukup buat perintah echo "hello world";
Berikutnya sederhana, akses komponennya dengan mengetik ?option=com_gundam Perhatikan apa yang terjadi. Bila tidak ada kendala maka anda mendapatkan
hello world.
selamat anda sudah bisa membuat komponen sendiri. tentu saja ini yang sederhana belum yang masuk advance eh menengah. Lalu kapan buat bikin komponennya? Saya tidak akan jabarkan disini dahulu langsung, tapi saya share logic yang akan kita buat.
Kita akan membuat sebuah komponen yang berisi

  • Input tipe permision
  • edit tipe permision. Sebenarnya aku tidak memasukkan ini dalam program asli.
  • menambahkan permision ke user
  • hapus permision dari user
  • menu yang dapat dipilih.
Tentu anda bertanya kenapa perintahnya cuma ada 5? karena pada dasarnya com_gundam ditujukan untuk membuat setting permision / izin pada program yang kamu kerjakan. Di pilihan akhir mungkin beberapa bingung kenapa ada pernyataan menu?

Di program asli, saya meletakkan menu di module, dimana kedepannya akan jadi kerepotan karena harus edit di modul dan berujung kekacauan sistem. Apalagi tujuan tutorial ini untuk mudah. penggunaan module sebenarnya sangat di anjurkan, tetapi tidak diajarkan disini karena untuk mempermudah anda belajar.

Sebenarnya di component ada yang namanya model!! tetapi sejujurnya saya tidak pernah memakainya. Malahan saya menggabungkan modelnya itu di controler.php. Secara garis besar nanti kita akan membuat
  • gundam.php
  • controler.php
berikutnya barulah viewnya. Untuk update, ada bagusnya anda membuat 1 file bernama update.txt yang berisi update apa saja yang dilakukan, walau sejujurnya update tersebut juga tidak pernah saya ketik.
*jujur*
Karena keterbatasan dari blog dan saya disini mengajarkan pada anda cara membuat dan juga belajar dengan nyaman. Jadi saya akan tulis scriptnya di site luar jadi anda bisa enak melihat dan mempelajari (daripada melihat semuanya tanpa warna)

  • kita butuh komentar untuk menjelaskan apa ini
  • untuk keamanan bila seseorang langsung buka gundam.php kita beri script melihat apakah sudah di define atau belum
  • panggil controler. didalamnya adalah fungsi utama kita
  • sebenarnya saya tidak pernah pakai script dibawah yaitu task. Jadi apa yang terjadi saya malah memakai mainPage
  • di execute lalu di redirect.
  • pada line terakhir komen itu untuk step berikutnya, kita nanti akan butuh query, insert dan lain-lain. atau bisa dibilang fungsi-fungsi yang sering kita gunakan secara sadar atau tidak sadar. Nanti query itu diletakkan di sini. Kita bisa meletakkan di controler, tetapi ada bagusnya sesuatu yg sering digunakan ditaro di gundam.php
Berikutnya adalah controler.php (klik link)
Sebenarnya disini tidak dibuat hal yang rumit dahulu, hanya saja untuk menunjukkan bagaimana proses kerjanya. dari gundam.php ke controler lalu menjalankan mainpage (fungsi). Setelah itu saya tidak membuat fungsi lainnya, jadi isi controler hanya terbatas yang anda lihat
Bila tidak ada kendala maka akan muncul tulisan "Selamat datang di gundam"
Anda sudah dapat membuat komponen pertama anda, berikutnya kita akan menggunakan display layout yang berarti masuk ke view. Untuk part 3 agak sulit tetapi saya yakin pasti anda bisa

Tidak ada komentar: