2012-08-27

Merancang Website : Membuat informasi website

Website yang dibangun, seharusnya memberikan informasi yang terbaik untuk pembacanya (user). Terkadang apa yang diminta oleh owner tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para user (target konsumen). Ada beberapa struktur website dalam memberikan informasi kepada audiencenya.
Cara mudah organisasi informasi adalah dengan membuat informasi secara berurutan. Informasi diletakkan secara kronologis sesuai waktu, alphabetic dan lain-lain. Untuk contoh lebih mudah, website transaksi atau pemesanan tiket. Dimana 
  • user regis
  • mengisi biodata
  • melakukan transaksi
website ini tidak selalu satu arah. Misalnya saat melakukan transaksi, user akan dibawa ke halaman produk, lalu pertanyaan berapa banyak barang yang dipesan, kemudian dimasukkan ke keranjang belanja.

HIERACHIES

Website ini biasa dibuat utnuk sesuatu yang lebih kompleks dan memiliki organisasi yang cukup terstruktur. Dimana kita dapat mudah mengerti proses perjalanan dari web tersebut. Tipe ini dapat ditemukan pada web organisasi dan perusahaan. Perbedaan dengan tipe di atas adalah tipe ini lebih kaku.


Sayangnya ilmu di atas akan memusingkan bila kita tidak masuk kedalam pembuatan website sebenarnya. bila dalam kehidupan nyata, sequence akan sering kita temui pada web bertipe jual-beli dimana kamu harus melewati proses yang ada sebelum mendapatkan yang kamu mau. Sedangkan tipe hirarki lebih kepada website dengan model informasi yang bersifat tertutup. Berikutnya kita akan membahas tentang struktur website dan rancangan menu website.

Tidak ada komentar: