2011-09-13

RTS di masa ini

RTS atau yang kita kenal sebagai Real Trap Sejati eh.. Real Time Strategi adalah game yang menarik dan sangat kita senangin. Bayangkan kita menggerakkan banyak pasukan untuk mengalahkan musuh atau menggerakkan dengan tujuan tertentu!

Seperti Command & Conquer yang merupakan salah satu dari game awal bertema RTS. Game ini mengusung konsep membuat pasukan dalam waktu yang berbeda dan kita gerakkan pasukan itu dalam lingkungan yang berbeda.

Dalam Game RTS ditunjukkan bahwa tempat kita bergerak tidak melulu tanah, ada laut dan bukit. Dimana ada yang gerakannya cepat di area tersebut, menjadi lambat atau tidak bisa bergerak.


Nantinya kita diperkenalkan bahwa game RTS selain membawa konsep pasukan juga misi. Pada Command&Conquer versi terbaru atau bisa dibilang versi modernnya. Selain hajar musuh dan menang atau bertahan beberapa menit. Kita juga mendapat misi tambahan yang boleh kita ikuti atau kita hindari. Ada beberapa misi tambahan membuat kita dapat uang, tetapi ada yang tidak untuk sekedar Fun dan tantangan.

Bila kita tidak kenal dengan Command&Conquer, mungkin kita kenal dengan Warcraft yang telah sukses hingga membuat game online yang cukup terkenal. bila anda tak tahu WoW (World of Warcraft), tidak apa-apa.. disini bahas bukan Online kok.

Seperti halnya berbagai genre, semuanya seharusnya mengalami yang namanya peningkatan. demikian juga dengan game RTS. bila dahulu memakai 2D, semi 2D bahkan 3D. Sekarang lebih ditingkatkan dengan memberi efek yang lebih realitis pada fog of war, area yang dituju hingga sistem. tetapi bila kita perhatikan lebih lanjut, ternyata peningkatan yang diberikan tidak sebesar itu.

Bahkan kalau diperhatikan yang lebih meningkat adalah perubahan 3D dan tampilan dibandingkan sistem. Sistem seolah-olah mengulang dari versi sebelumnya!? kalaupun ada peningkatan, itupun bukan inovasi baru. Hanya memberikan variasi yang berbeda.

Adalah warcraft, sebuah RTS yang bisa dibilang kaku! bila kita perhatikan bagaimana kakunya saat melakukan penambahan pasukan yang bisa dibilang sangat lama dibandingkan versi modern yaitu Command&Conquer. Tetapi dibandingkan CnC, Warcraft lebih ke realistik karena membangun pasukan memang tak semudah di CnC yang pesan, tunggu sebentar lalu jadi.

Dari Warcraft dikenalkan sistem yang dikenal sebagai heroes! walaupun sistem Heroes ditampilkan di Heroes of Might and Magic walau dalam bentuk heroes yang memimpin pasukan dibandingkan heroes yang bisa dikendalikan.
nb: Heroes of Might & Magic sayangnya bukan RTS

Di Warcraft, Heroes adalah unit spesial yang memiliki kemampuan luar biasa dan magic khusus berbeda dengan unit biasa. Bila unit biasa hanya bisa Heal, sementara unit lainnya bisa menembak jauh. Heroes dapat melakukan lebih dari 1 aksi. Selain Heal dia bisa membuat musuh terhisap HPnya sambil menyerang dengan senjatanya.

Hero ini nantinya digunakan untuk konsep DOTA, sebuah konsep dimana kita mempertahankan tower. Pada awalnya konsepnya seperti RTS yaitu membuat pasukan lalu bertahan di tower (dekat tower tersebut) dan berusaha menjatuhkan tower musuh. Tetapi konsep itu di kembangkan dimana kita tidak membuat pasukan tetapi menggerakkan hero saja.

konsep yang kemudian menjadi awal dari kehadiran Warcraft ke dalam konsep online yang lebih besar. Hingga akhirnya menjadi salah satu cabang olimpiade game. Sayangnya kehadiran sistem one Heroes tidak sesuai dengan RTS.

Kembali kepada peningkatan sistem RTS, bisa melihat dari game-game lainnya. RTS tampaknya tidak mengalami perkembangan yang berarti. Bahkan bisa dibilang hanya seputar peningkatan grafik atau misinya saja yang lebih kepada menjalani beberapa titik.

Bahkan bisa dibilang tanpa adanya sistem Online, RTS tidak berkembang? seperti halnya Warcraft yang akhirnya dapat dibuat dengan bentuk online, game lainnya juga memiliki kemampuan online. Tetapi dengan bentuk online yang sama seperti bentuk offline, tampaknya tidak ada yang begitu berminat dengan mode tersebut. Di tambah lagi yang dihadapi mungkin berbeda jauh dengan yang dimainkan.

Beberapa gamer RTS sudah terbiasa dengan Cheat yang bertebaran dimana-mana. Baik Cheat uang (penting) atau cheat cepat! cepat dalam hal membangun bangunan dan membangun pasukan!! saat memasuki Online cheat ini tak dapat digunakan.

Ditambah lagi di dalam online, mode yang bertebaran biasanya adalah vs dibandingkan mode lain yaitu menjalani misi. Hal ini bisa dimaklumi karena mode vs adalah mode yang paling mudah dimengerti oleh para pemain. Ditambah lagi tidak ada mode kerjasama yang bagus dan juga dukungan pada chat.

Belajar dari Dota dimana game online ini mengusung komunikasi sebelum bermain, seharusnya game RTS yang lain juga melakukan hal yang sama. Lalu mode yang dibuat di game juga haruslah bervariasi, tidak hanya VS.

Dapat pula mode seperti Gank to Beat.. dimana ada 1 negara yang punya kekuasaan/kekuatan super dimana dibutuhkan bukan hanya 1 player tetapi 3-4!!
Atau mode Defend for Freedom.. dimana kita memiliki pasukan yang harus melindungi negara tertentu selama beberapa menit. Dimana kita tak boleh melakukan counter pada lawan atau game over.

Pada akhirnya semua kembali ke gamer, para gamer sendiri mengalami kendala dalam hal bermain game RTS secara online seperti:
  • mereka tidak siap untuk menghadapi yang online karena yang offline saja (tanpa cheat) sudah sulit.
  • unit yang dikendalikan tidaklah sedikit, perlu diketahui inilah yang membuat konsep Dota menjadi satu hero.
  • Tidak siap bila menghadapi lawan yang tak terduga pergerakannya?!
Semuanya itu sebenarnya bisa diselesaikan bila adanya komunikasi, karena saya tidak melihat banyak komunikasi di RTS lain selain Warcraft, itupun komunikasi untuk DOTA bukan mode RTS.

Hasilnya berujung RTS tidak bisa berkembang karena memiliki kendala dalam hal online.. Padahal online sendiri dapat membuat sebuah game meningkat. 

Akhir kata, dibutuhkan sebuah gamer yang super untuk dapat memainkan game RTS secara online. Dan dengan minimnya gamer yang super tidak mendukung perkembangan genre RTS.

2 komentar:

nyetho mengatakan...

Ada RTS yg recommended ga om? kl bisa yg ada settingan difficultynya, soalnya saya masih belajar mainnya

Gustav mengatakan...

main yg lama aja.. itu lho kayak command & conquer red alert 2.. tp kebanyakan seh ada settingnya kok easy.. tergantung kamu.. suka model apa?

jadul = age of empire
modern = CnC
Fiksi = Warcraft

pilih yg mana dulu.. biar enak neh ngasi sarannya