2011-09-13

nasgor without soybean is same as HTML without js and css

dalam membuat website, tidak cukup dengan html saja! kita butuh yang namanya pendukung dalam hal ini js (javascript), css dan sepiring Nasgor
*jgn protes.. namanya juga bahas nasgor disini*
seperti yang kita ketahui, struktur utama html adalah

<html>
    <head>

    </head>
    <body>


    </body>
    </html>
kl mo jujur.. harusnya ada bottom.. hehehe

normalnya dalam memasukkan file pendukung, disarankan untuk meletakkannya didalam

<head> </head>
walau dalam prosesnya.. file pendukung yg kumaksud di atas bisa diletakkan didalam body. berikut ini adalah cara masukin pendukung html kita yaitu javascript dan css.
untuk CSS
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="my.css?v=380" />
Untuk JS

<script type="text/javascript" 
src="connection-min.js">
</script>
Dalam prosesnya, kita ternyata butuh yang namanya script 1 file.. ini sebutan gw atas sebuah script tunggal yang tidak membutuhkan file pendukung lainnya.. dalam kasus ini tidak butuh config.php
dalam script 1 file ato tunggal ini, kita bisa meletakkan file script (js) dan tampilan (css) dalam file tersebut. metodenya simple:
  • untuk css

    <style type="text/css">
    
    </style>
    tp ada 1 hal menarik disini.. ternyata hanya CSS aja yang pakai tag ini.. jadi type=bla-bla bisa dibilang optional.. bahkan gw sendiri menulis

    <style> </style>
  • untuk js

    <script type="text/javascript">
    </script>
    dan seperti sebelumnya.. lagi2 sy cuma menulis

    <script>
    
    </script>
    ada satu hal menarik.. untuk script, ternyata tidak terlalu pengaruh.. dikarenakan yg biasa digunakan adalah javascript.. bahasa lain seperi VBscript (cmiiw).. malah jarang kutemui.. kl ada biasanya pada web-web lama. script yg ini bisa digunakan di body, bahkan beberapa script (memakai jquery).. memanfaatkan tag script pada bagian body.
nantinya efek dari include ini akan terlihat di web yang tampil. Entah apakah nantinya berbentuk menu click-drop, menampilkan pesan selamat datang dan lain sebagainya.. semua sesuai kreasi kamu.. tetapi yang terpenting.. pastikan bahwa script yang kamu jalanin aman (sulit memastikan script js km aman) dan bisa jalan di browser2 tertentu.. alasan paling krusial adalah adanya ketidak cocokan script js saat jalan di browser IE atau FF.

Besok sy akan coba bahas ttg html lagi.. mungkin dr segi kemudahan.. sedang dari segi keindahan kk sarankan mencari topik lain yang lebih mantap punya.. ato cari tutorial di web(youtube) cara bikin template memakai PS (bukan Playsetan ups Playstation lho)

Tidak ada komentar: