2014-03-29

Logika Paging Part 2

berangkat dari tutorial sebelumnya. Mari pelajari tentang paging! Pertama yang perlu dikumpulkan adalah halaman berapa yang sedang dibuka!
Bila pakai konsep page bukan start, maka kamu sudah dapat halamannya.. Namun mari kita percepat dengan logika yang lain yaitu mengumpulkan semua variabel yang dapat digunakan untuk paging yaitu

  • total data
  • total halaman
  • halaman sebelumnya
  • halaman sesudahnya
  • alamat ke halaman lainnya
Saran dari saya adalah membuat paging sebagai fungsi dengan variable yang dikirim sesuai dengan yang dibutuhkan.

TOTAL DATA

HINDARI memakai select * from .... kemudian menghitung isinya .. sebisa mungkin memakai select count().. namun bukan berarti tidak boleh ! karena ada kasus dimana kamu terpaksa memakai itu. Perlu di ingat, jangan keluarkan semua isinya.. cukup 1 misal id
select count(id) from table 
ini cara benar.. kamu tak memakai semua..
select count(*) from table
ini cara salah! dan harus di hindari!
akhir kata dapatkan nilai total semua data maka kamu akan dapat 150.

TOTAL HALAMAN

total halaman membutuhkan 2 hal yaitu jumlah total data dan limit. Lakukan matematika sederhana (rumit nanti kamu pusing)
ceil( jumlah_total / limit )
untuk memastikan fungsi ini benar, coba masukkan angka-angka berbeda.. apakah jumlah halaman salah/benar? Akhir cerita kita dapatkan total halaman dengan limit 5 adalah 30!

HALAMAN YANG DILIHAT

Belum tentu halaman yang dilihat saat ini dapat kamu tangkap dari variable, jadi pastikan halaman yang dibuka adalah halaman sesuai? Bila salah kamu bisa perbaiki nanti di bagian paging.

ALAMAT LINK

perhatikan alamat yang akan kamu gunakan. Perhatikan juga variabel lain yang harus ikut dalam mengeluarkan link tersebut! terakhir pastikan logika kamu benar bila memakai start / page. Jangan sampai terbalik!

ALAMAT SEBELUMNYA

Dalam paging ada tombol untuk BACK and Forward. Untuk Back sederhanaya kita menulis halaman sebelumnya! bila halaman yang dibuka adalah 4 maka halaman sebelumnya 3. Tetapi bila halaman yang dibuka adalah 1 maka alamat yang dibuka adalah alamat saat ini atau cukup 
#

 ALAMAT SESUDAHNYA

konsep seperti di atas tetapi untuk halaman selanjutnya. Tetapi bila yang dibuka adalah halaman terakhir maka alamat yang diberikan adalah
#

KESIMPULAN

membuat paging susah-susah gampang tetapi dari pengalaman yang udah-udah! sekali berhasil memakai paging (yang biasa butuh waktu lama).. maka berikutnya dipakai lagi sudah gampang dan istilahnya bisa di copy paste!


Tidak ada komentar: