2011-09-24

Moderator dan Tanggung jawab

  
Menjadi bagian dari sebuah komunitas adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Bahkan membuat komunitas adalah sebuah keinginan positif yang terbaik. tentu saja keinginan bikin komunitas tidak lepas dari pendukungnya. Tidak hanya pendukung komunitas itu sendiri tetapi juga yang anti pada komunitas?

Kenapa Anti juga menjadi pendukung dari komunitas itu. Yang anti bisa dikatakan sisi kelam dan bertolak belakang dari kelompok yang membuat komunitas. Dalam hal ini saya contohkan forum.

Forum dibuat untuk menjadi komunitas bagi beberapa keinginan dan hobi berbeda. Dari forum hadirlah para pendukung yang menjadi user! Tetapi efek sampingnya ada yang anti, kehadiran anti inilah forum dapat berkembang.


Solidnya sebuah komunitas terkadang bukan berasal dari rame-rame, tetapi dari satu orang yang kita sebut dia si cerewet. Sy menemui orang tipe ini dalam forum.. bahkan bisa dibilang tanpa sadar ngak ada dia.. ngak rame.

Kemudian menjadi bagian sebuah komunitas, bisa dibilang adalah sebuah kesenangan pribadi. Mungkin ada duka dan lara, tetapi ada juga senangnya!! apalagi kl kita kenal dan dekat dengan orang yg biasa kita ajak bicara di web dan kemudian bertemu di dunia nyata..

Tiba-tiba kita mendapat kepercayaan besar terhadap komunitas yaitu mendapat kepercayaan berperan dalam di komunitas tersebut, yaitu menjadi moderator. Bagi beberapa menjadi moderator itu enak.. tetapi bagi non-moderator, malah dibenci.. Walau si moderator tidak pernah arogan tetapi terlihat dia arogan. hal itu bisa dimaklumi karena kemampuan moderator yang besar.

Moderator hadir sebagai orang yang berusaha memoderasi, bila perlu turun tangan sebelum ada kecelakaan / debat tak berguna yang berujung kehadiran negara api! atau kita sebut saja Flame war! Flame war bisa berujung rusaknya komunitas di area sekitar bahkan bisa menjalar lebih. Bagaimanapun moderator harus mampu menanganinya.. tentu saja tidak bisa sempurna.

Mungkin bantuan Moderator terkadang membuat ricuh, panas dan bahkan kekacauan. Perlu di maklumi, dibalik sangar, arogan dan bijaksananya Moderator adalah seorang manusia (baik laki-laki / perempuan) yang bisa melakukan kesalahan. Terkadang kita juga harus sadar bahwa manusia itu juga memiliki masalah baik yang diketahui oleh temen komunitasnya ato malah disembunyikan. Itu sebabnya Moderator dalam kenyataannya bagai seorang pendekar yang tidak sadar akan ditikam oleh temannya sendiri.


Mungkin tanggung jawab Moderator tidak berat, karena cuma bertugas patroli.. kl ada masalah BAN, hapus tulisan orang, edit judul dan marahin user.. Itu emang tugas simple.. Tetapi ketika ditanya pertanggung jawaban.. maka Moderator bisa ngeles!!

Namanya juga manusia..  ngeles itu emang bukan tindakan terpuji. Tetapi juga bukan tindakan yang pantas apapun namanya. Apapun alasannya Moderator harus mencoba bertanggung jawab atas wilayahnya. Walau kadang kenyataan menyakitkan.

Saya tidak menyatakan bahwa Admin salah, supermod salah atau moderator lain salah. Tetapi apa yang mereka lakukan adalah yang terbaik buat mereka. Terutama meminta para moderator yang mereka pilih bertanggung jawab atas kerjaan mereka.

Beberapa waktu yang lalu ada pertanyaan singkat tetapi cukup ngena bagi saya. Pertanyaannya seputar tanggung jawab. Seperti yang dinyatakan sebelumnya.. ini tidak untuk menghina petinggi forum dan teman saya.. Pertanyaan yang membuat saya berfikir tentang tanggung jawab saya sendiri. Sebagai moderator saya memegang lebih dari 1 sub forum dan bertambahnya user, topik dan masalah membuat yang sebelumnya mampu memegang lebih dari 1 malah terasa keteter atau bahasa lainnya tidak mampu menangani semua.

Bahkan ada salah satu curhat, bahwa mengurus 1 Sub bisa memakan waktu 1jam lebih.. Tentu sy ngak akan jelaskan detil curhatnya tetapi intinya betapa sulitnya menangani satu subforum pada saat ini. Apalagi dengan makin banyaknya topik dan konten baru.

Itu sebabnya muncul supmod yang diam-diam membantu. Walau tidak ada yang tahu bahwa si SF itu ada yang bantu (karena editan SupMod dan petinggi terkadang tidak terlihat), moderator terus mencoba yang terbaik walau terkadang jadi memburuk dan menurun.

Pada dasarnya kita sadar bahwa Moderator adalah manusia. Selain memiliki masalah pribadi dan masalah dengan sekitar.. Ternyata moderator memiliki pekerjaan diluar dari moderasi. Mungkin bisa dibilang inilah pertanyaan tanggung jawab pada paragraf sebelumnya membuatku berfikir sejenak.
  1. Sudahkah aku menjalani kewajibanku sebagai moderator
  2. apakah aku tidak lupa pada apa yang seharusnya kukerjakan
  3. bagaimana tanggung jawabku atas forum A,B dan C
  4. terakhir dapatkan aku dapat memenuhi kewajiban non-forumku
 point 1-3 bisa dibilang adalah antara diriku dengan forum. Itu sebenarnya bukan sesuatu yang boleh di share. tapi intinya Saya harus bertanggung jawab dan apapun pilihan dari petinggi harus bisa diterima. tentu saja itu untuk kepentingan bersama bukan untuk beberapa pihak saja.

tapi yang menyulitkan adalah no 4!! bagaimanapun juga dibalik forum, gw adalah seorang manusia yang sedang mencari usaha agar menghasilkan uang. Uang yang dipake buat beli makanan!! Bayar listrik, bayar internet dan terakhir ditabung ! Tentu gw gk bs bilang di Forum siapa diri gw sebenarnya.. Tapi setidaknya apa yang terjadi ya cari positifnya, karena nyari negatif lebih mudah daripada yang positif..

Akhir kata,
tulisan ini dibuat untuk menyadarkan bahwa dibalik seorang moderator yang dianggap arogan, pemarah, sombong dan silakan tulis hinaan kalian.. Terdapat seorang manusia yang memiliki segudang masalah. Namanya manusia tidak sengaja atau sengaja bikin salah.. Membuat kelompok atau seorang user yang anti pada moderator tersebut. Hal ini juga berlaku pada Admin dan petinggi dibawahnya hingga moderator..
Tentunya masalah masing-masing orang tidak ada yang tahu kecuali di share. Tetapi beberapa masalah tentu tidak di sharing secara terbuka.. hanya antara kita-kita aja.. Tentunya yang tahu bisalah memaklumi atau membantu.

Bila anda mengikuti kisah malang sebuah forum *****, bila anda berada di posisi saya yaitu user dari forum tsb. Mungkin pikiran anda sama seperti user lainnya yang benci pada moderator ***** karena punya masalah dengan ulahnya yang bikin gregetan para user lain. Sehingga muncul topik berisi hujatan dan curhat menyakitkan dari pada user atas tindakannya ..
Tetapi bila anda berada di posisi setingkat dengan moderator atau temannya yang tahu masalahnya.. mungkin anda bisa maklumi dan berusaha menolong.. Tapi ini terbatas atas moderator yang membuat kasus berhubungan dengan forum aja.. ketika moderator bersangkutan membuat masalah yang berhubungan dengan non-forum (tunjuk uang).. maka pemikiran kita mungkin sama.. yaitu membencinya...
seperti kata pepatah, hati orang tidak ada yang tahu dalamnya.

1 komentar:

vrondz mengatakan...

manstap om!!!