2015-07-03

MITOLOGI GLBT - PROMETHEUS

Karena bosan membaca tulisan programing yang membuat kepala sakit. Jadi saat ini bahas yang ringan (walau aslinya ngak begitu ringan). Karena tulisan ini bukan milik saya, jadi saya cuma copy paste dan membuat enak dibaca.

Kali ini saya akan membahas tentang mitologi asal mula gay dan transgender. Berbeda dengan klaim monoteisme bahwa semua itu adalah hasil dari dosa dan gaya hidup, masyarakat kuno yang menganut politeisme ternyata lebih bijak menyikapi masalah itu. Hal itu ditunjukkan dengan mitologi religi yang mereka yakini bahwa Tuhan mereka memang mencipta kaum gay dan transgender. Tokoh kita kali ini adalah Titan Prometheus, yang sempat muncul dalam Saint Seiya - Episode G.

ABOUT POST

Post ini dibuat untuk berbagi informasi perihal budaya bangsa lain, secara tak langsung berhubungan dengan Saint Seiya juga. Jangan ada debat perihal gay itu salah dsb. Berdiskusilah secara terpelajar tanpa bawa embel-embel norma dan agama. Post ini saya sarikan dari berbagai sumber, termasuk Wikipedia. Share sangat diperbolehkan! Jika Anda ingin copas atau republish di situs lain, mohon mencantumkan link ini sebagai narasumber (sudah dibawah.. bentuknya link). Trims.

CREATION MYTH

Prometheus adalah putra Iapetus dengan Clymene (salah satu Oceanid). Dia saudara dari Epimetheus, Menoetius dan Atlas. Hanya Prometheus dan Epimetheus yang tidak dipenjara dalam Tartarus (neraka) oleh Zeus karena mereka tidak berpartisipasi dalam perang melawan para dewa Olympus. Seusai perang, keduanya diberi tugas untuk mencipta manusia.

Prometheus mengambil lumpur dan membentuknya menjadi patung berbentuk berbagai makhluk hidup. Epimetheus diberi tugas mulia untuk memberikan berbagai kelebihan misal kecepatan, kecerdikan, kekuatan, bulu, sayap, dll.
Mereka diberi deadline, sebelum matahari terbit, semua sudah harus beres agar Athena bisa menghembuskan nyawa kehidupan pada semua patung itu.

Tugas Prometheus kala itu hampir selesai. Tugas terakhirnya adalah membuat manusia. Bentuk dasar telah selesai tapi detailnya belum dipasang, termasuk kelamin.

JAMUAN Dionysos

Disebutkan, dewa Dionysos (dewa anggur - ada pula yg memberinya julukan dewa homoseksual) mengundang Prometheus makan malam. Berhubung jabatannya adalah dewa anggur, tentunya ada minuman anggur dalam jamuannya.
Prometheus pulang dalam keadaan mabuk berat. Memaksakan diri, dia menyelesaikan patung manusia. Dalam keadaan mabuk itulah dia salah menempelkan kelamin. Ada pria berkelamin wanita dan ada wanita berkelamin pria. Pada saat yang sama, Epimetheus pun kehabisan kualitas unggul untuk diberikan manusia karena semuanya telah dianugerahkan pada binatang.
Itulah sebabnya ada beragam seksualitas pada manusia: ada straight, ada gay, ada transgender, ada hermaprodite.... Semua berkat (atau gara-gara) Prometheus.

TRIVIA


China Kuno

memiliki mitologi untuk menjelaskan asal mula pria gay, pria kemayu, dan transgender. Derajat wanita dalam masyarakat China sangat rendah. Tapi dewa alam baka Yan Wang sangat adil. Wanita yang semasa hidupnya bisa menjaga martabat & menunaikan tugas sebagai istri yang baik akan diberi penghargaan berupa "kenaikan pangkat". Saat reinkarnasi, wanita itu akan berubah menjadi pria. Tapi karena pada dasarnya rohnya adalah wanita, alhasil pria hasil reinkarnasi itu membawa ciri wanita. Jadilah gay dan transgender.

Agama Budha 

Berusaha menjelaskan perihal homoseksualitas tanpa mengecam. Disebutkan pria yang semasa hidupnya suka mempermainkan wanita, akan dihukum dengan dilahirkan kembali sebagai pria gay atau transgender agar dia paham penderitaan wanita. Oleh sebab itu, Budha melarang umatnya untuk mengecam atau menghina gay karena pada dasarnya mereka memang sudah dihukum. Konsep ini bertolak belakang dengan mitologi China kuno perihal reinkarnasi istri budiwati.

MITOLOGI

Disebut dewa homoseksualitas, Dionysos secara tak langsung ikut mencipta gay gara-gara dia membuat Prometheus mabuk. Tapi hikayat Dionysos sendiri penuh dengan unsur kemayuan dan homoseksualitas (gay dan kemayu itu beda).

Kitab Hindu - Manu Smriti - 

menjelaskan asal mula transgender. Bayi laki-laki lahir dengan kadar benih ayahnya lebih banyak atau bayi perempuan lahir dengan kadar benih ibunya lebih banyak. Jika kadar benih kedua orangtuanya sama, dia akan menjadi bayi berkelamin ganda atau transgender. Hindu sendiri secara mainstream tidak mengecam homoseksualitas. Malah banyak kisah mitologi/ religius yang sarat dengan unsur homoseksualitas dan transgender.

Source: Sumber.

Tidak ada komentar: