2014-04-02

Pelajaran 1 : memakai database di foxpro

Bagi saya, foxpro adalah visual Dbase 3+. Salah satu pelajaran database saya waktu kuliah di Gunadarma. Tetapi saya tidak akan kupas banyak dahulu, lebih baik langsung ke praktek. Pertama kita biasakan dahulu untuk membuat project.
dari tampilan ini, kamu bisa saja memilih database atau table! Tetapi untuk mempercepat pelajaran berikutnya mari kita bikin project saja dahulu. Tekan "NEW FILES" dan beri nama sesuai keinginan, saya memberi nama project 2

dari tampilan di atas kita sudah membuat sebuah proyek sederhana! tetapi sayang belum bisa dijalankan. Sampai akhir dari pelajaran ini bukan menghasilkan program yang bisa di gunakan tetapi database. Jadi tolong maklumi

MEMBUAT DATABASE

Untuk memulai database tekan data hingga keluar seperti ini
piih database lalu pilih "new" berikan nama yang kamu inginkan
saya menyarankan memberi nama diawali dengan kata db
pada awal kita hanya memiliki tampilan kosong. Namun bila sudah terisi
untuk membuat tekan icon yg sesuai.. sebelah kiri adalah buat baru, sebelah kanan menambah
berikutnya kita akan membuat sebuah table worker.. buatlah seperti contoh berikut
sebelum menutup mari kita bahas 1-1 formatnya.. Dalam aplikasi ini pasti anda mengalami kebingungan. Oke dimulai dari id
ID disini adalah kode unik atau angka unik. Bila angka/kode sudah ada tetapi tidak mau digunakan disini, saran saya lebih baik ada ID tetapi ada juga kode. Namun kode jangan angka!!? Berikutnya nama memiliki panjang lebih dari 10 huruf, dalam table ini dikasi space 20, lebih silakan

Gender saat ini yang valid hanya 2 yaitu Pria dan Wanita. Jadi bisa memakai logikal atau varchar

Berikutnya adalah telepon! normalnya telepon pasti angka! tetapi ada 1 hal yang perlu diketahui! data ini bukan untuk di hitung?


Tidak ada komentar: