2014-01-04

Bentuk dasar website

kita ngobrol sebagai pemula dahulu. Kamu berniat membuat sebuah website, namun pengen bikin sesuatu yang pertama kali. Maksudnya begini, cobalah masuk ke website yang dibuat dengan joomla.. kamu akan menemukan alamatnya index.php?com=com_tes bla-bla bla. Nantinya bentuk link seperti ini kita sebut link model 2. Pada website tanpa cms ato framework kita menemukan model buka1.htm, buka2.htm ; nanti kita sebut ini model 1. Sebagai catatan ini model tidak ada unsur edit link/url yang biasa memakai httacces.
Bentuk lain adalah seperti model 1 tetapi memakai httaccess. Namun aslinya dia menjalankan layaknya index.php?com=com_tes. Model ini kusebut model 3, model yang cukup ramah SEO. Mari bahas 1-1 model ini.

Sebagai permulaan, struktur dasar dalam tulisan ini adalah :

  • gambar
  • css
  • js
untuk yang lebih advance biasa meletakkan 3 folder di atas dalam asset tetapi kita bukan bahas advance. ada bagusnya mulai dari yang dasar yaitu membuat 3 folder tersebut.

MODEL 1 : Model 1 file, 1 action


model ini umum buat pemula! karena kamu bisa menentukan halaman ini untuk apa dan apa aja keperluannya. Namun kesulitannya adalah bila kamu memiliki 100 aksi maka ada 100 halaman/file yang sesuai aksi yang kamu bikin. Solusi lain sebenarnya memanfaatkan variable get yang merujuk pada halaman apa yang di buka.

Model ini biasanya memiliki struktur yang tidak terlalu banyak folder. Bila ada folder tambahan biasa untuk memisahkan aksi2 yang lebih detail. Contoh : folder user yang berisi banyak file yang berhubungan ama user seperti edit, open, save dan lain-lain. Sebagai catatan pemikiran memakai tipe begini (ada folder user atau lainnya sebenarnya sudah bisa dibilang bukan pemula lagi).

Ingat model 1 ini tidak ada HTTACCESS. Kekurangan fatal dari metode ini adalah template.. kl ada 10 file disini, km harus memberikan tampilan yangs ama buat ke 10 file tsb. Namun sialnya kl ada perubahan di satu file, yang lain harus juga berubah!! ini bukan berarti km bisa menyelesaikan dengan memakai css yang sama!! kadang hal yang berbeda itu bukan pada css atau js !! Tetapi untuk keamanan, pastikan meletakkan style di file css dibandingkan di setiap halaman.

MODEL 2: 1 FILE dengan banyak Aksi

kamu cukup pake 1 file (index) untuk melakukan banyak aksi. Untuk kerapian biasanya file yang nanti akan di jalankan di letakkan dalam folder. dalam CI biasanya diletakkan pada folder view. Namun metodenya justru akan membingungkan kalau dibaca.
Bila script di model 1 hanya memakai 1 variable GET (misal cuma butuh 1), maka pada model ini harus memakai GET yang banyak! Seperti GET yang menentukan file apa yang di buka atau dijalankan. Belum lagi ada variable lain seperti file tambahannya.
Normalnya ktia menulis seperti berikut
index.php?f=user&i=4
catatan:

  • f adalah file yang akan dibuka (dalam script belum tentu nama filenya user.php bisa aja mod_user.php dan lain-lain. 
  • i adalah id . biasa ditulis id, namun biar singkat kutulis i saja


nantinya script panjangnya akan ada di index.php atau di file lain (kalau di fw sama seperti di file2 dalam folder core).

  • Script itu akan lihat nilai f, bila kosong kasi nilai default misal main.
  • require nama file yang berhubungan dengan nilai f ; normalnya require "mod/{$view}.php";
Bila posisinya berada didalam folder lagi, maka kamu bisa membuat menjadi index.php?f=user/edit



MODEL 3 yang ramah SEO

dengan model ke 2, temukan HTTACCES yang tepat. Atau kamu bisa pelajari dari httaccess dalam salah satu artikel yang kubuat (silakan cari)

JANGAN MALU DIBILANG PEMULA

alasan utama adalah karena hal pemula seperti di atas, kamu dapat mendapatkan metode yang sesuai denganmu. Memang bukan yang terbaik namun setidaknya sesuai dengan keinginanmu. Karena kalau coding kamu masalah, siapa yang mampu cepat menyelesaikan selain kamu sendiri

Tidak ada komentar: