2013-12-27

Menjawab Soal Programing yang mudah

Disini kita membahas cara menjawab soal programing yang mudah.. bukan cara mudah menjawab soal programing. Itu adalah 2 hal yang berbeda tetapi membingungkan ... hehehe ...

saat membaca soal programing, yaitu soal yang menyuruh kita membuat sebuah program. Hal pertama yang terpikir adalah bagaimana membuat program yang dapat berjalan?!? padahal itu salah, hal pertama adalah bagaimana menemukan hint yang terdapat didalam soal. Namun bila tidak ada, mari buat sendiri. Berikutnya adalah menulis di kertas/komputer apa yang akan kamu lakukan.

Mari mulai dari soal yang menyuruh membuat input pembelian tiket, dimana bila membeli lebih dari 10 dapat diskon khusus. Namun walau bagi anda ini mudah, belum tentu untuk orang lain. Semua program itu mulai dari tampilan kasar , dari situlah kita akan mulai. Namun kita belum akan membuat tampilan depannya dahulu (input), tapi dari rancangan kasar.

RANCANGAN MENJAWAB


Didalam kertas / coding, kita tuliskan dulu rancangan kasarnya yaitu rancangan apa yang akan kita buat. Mulailah menulis 3 hal di coding kamu yaitu:

  • Tampilan awal
  • proses dari tampilan
  • hasil keluaran
Walaupun nanti yang kamu buat mungkin tidak memakai konsep seperti di atas, namun ada bagusnya kamu tulis dahulu. Berikutnya baru masuk ke hal yang detail seperti penjelasan apa aja isi tampilan awalnya , proses apa yang akan dilakukan dan hasil. Sekedar catatan, ada bagusnya kamu tidak menghapus yang barusan kamu tulis ini walaupun kamu sudah selesai dan program sudah jalan.

Untuk menulis pernyataan diatas dalam rancangan kamu, gunakan komen! Ada bagusnya kamu menuliskan hal-hal yang khusus agar km tahu apa yang akan nanti kamu lakukan. Seorang programer itu bukan hanya menyelesaikan sebuah coding, namun bagaimana dia menemukan formula dan akhirnya solusi untuk menyelesaikan formula tersebut. Terdengar rumit, sebenarnya tergantung sudut pandang.

Programing itu menyuruh seseorang yang baru masuk untuk melakukan kerjaan. Kamu pastinya memakai kondisi IF/ELSE, baik perhitungan memakai fungsi matematika yang kamu saja bingung. Namun kamu pastinya harus membatasi agar tidak salah jalan/tindakan sehingga program error.. Namun cara terakhir ini bisa dibilang metode debug jadi akan kamu dapatkan setelah melakukan banyak coding.

TUJUAN METODE JAWAB DENGAN KOMEN

Semua tulisan ini memiliki tujuan, tujuan utamanya adalah membantu pola pikirmu untuk mencari solusi. kita bisa merenung mencari solusi, tetapi lebih baik bila menemukan solusi segera tulis. Atau kita tulis list apa aja yang akan kita kerjakan. Karena tidak semua yang ada di otak dapat bertahan lama, suka ngilang kalau lagi merenung. Sebagai contoh sambil baca ini malah mikir di FB ada yang manggil/pm atau tidak.
Metode ini sendiri bukannya metode asal nulis hari ini, namun dari bagaimana saya menyelesaikan sebuah masalah. Waktu kuliah memang saya pintar, namun kalau dipikir kenapa saya pintar? ternyata emang ada bakat.. Namun bagaimana yang tidak sepintar saya? Mereka menemukan caranya sendiri dan saya harus membagi caranya saya agar mereka juga pintar. Tetapi nyatanya kepintaran itu tidak melulu harus programing, pintar nyari sampingan kerjaan juga termasuk pintar.

Tulisan saya memang tidak membuat anda jadi super pintar, tetapi anda menjadi pintar dengan cara anda sendiri, saya cuma menunjukkan cara yang mungkin membosankan tetapi cukup berguna.. Akhir kata selamat belajar

Tidak ada komentar: