2013-12-08

Memulai CI - 2013 Akhir

Sudah banyak tulisan yang saya share di blog ini. Namun saya menyadari bahwa beberapa tutorial harus di update. dan update itu biasanya ganti tullisan..
adalah CI / Code Igniter yang akan di angkat disini. Framework (dari sini disebut Framework) yang bertujuan mempermudah kinerja kita sebagai programer. Namun saya melihat bahwa CI sudah jadi semacam duri sendiri dalam membuat sebuah program. Bukan maksud saya mengatakan CI itu menyusahkan, tetapi sekedar membuka wawasan dahulu.

Di angkatnya CI karena FW ini adalah salah satu FW yang memiliki kemampuan yang menjadi jembatan antara non FW dan FW. Karena kelebihan dan juga jadi kekurangan FW inilah .. kita tak sengaja membuat duri yang seharusnya tidak hadir di FW.

Duri itu adalah bagaimana cara programer membuat sebuah coding based on CI. Normalnya kita bisa asumsikan bahwa ini adalah YII, Zend ato FW lainnya. mereka memiliki metode sendiri ... namun CI masih bisa di ubah metodenya. Bahkan kita mampu memasukkan metode yang sebenarnya salah dalam pengerjaannya.

Untuk memulai FW, dalam hal ini CI. Mulailah dari hal dasar yaitu kebiasaan codingmu. Bila awalannya salah, maka seterusnya akan salah. Kita tentu tidak lupa bahwa kebiasaan setiap orang berbeda! Bahkan bisa dibilang walaupun fakta di lapangan berkata berbeda.

Semua orang mampu mencontoh cara menguasai CI. Tetapi bagaimana caranya itu yang berbeda. Ada yang meniru mentah; mengikuti yang ada lalu mencoba-coba dan terakhir belajar tanpa ada pedoman siapapun.
Masing2 memiliki kekurangan dan kelebihan. Tentu saja faktor utama yang sering jadi perdebatan adalah waktu. TEtapi ada satu pelajaran, kadang karena waktulah kamu bisa menjadi lebih cepat buat  belajar atau sebaliknya!

Untuk memulai.. saya menyarankan mencari tutorial di youtube dengan kata-kata "learn CI indonesia". Tirulah gayanya. buat gaya snediri.. Dan terakhir coba menjadi programer yang lebih handal

Tidak ada komentar: