2013-12-08

Grafik dengan Google Graph

mari membuat graph dengan google graph.. Sebelumnya mari mampir ke jsfiddle dahulu . Disini terdapat contoh grap yang saya buat berdasarkan hasil pemilu 2009 putaran pertama. Walau nilainya tidak tepat, tetapi intinya untuk contoh saja
Dari sini kita sudah punya 3 hal yang wajib di isi yaitu: Nama calon, jumlah dan judul grafik.

Langkah pertama yang harus kita jalankan adalah membuka situsnya yaitu https://developers.google.com/. Disini harusnya sudah jelas cara pemakaiannya, tetapi sebelum kesana, mari bahas dengan caraku dahulu. Yaitu bagaimana cara menggunakan grap tersebut! Untuk awalan, mulailah dari memanggil script yang berhubungan
<script src='https://www.google.com/jsapi' />


Lanjutkan dengan deklarasi memanggilnya.

google.load('visualization', '1.0', {
'packages': ['corechart']
});
// Set a callback to run when the Google Visualization API is loaded.
google.setOnLoadCallback(drawChart);


di atas tertulis drawChart?!? drawChart disini adalah fungsi. Jangan lupa meletakkan div sebagai tempat menaruh grafiknya.

function drawChart()

kamu bisa baca di jsfiddle dan rubah sesuai keinginan kamu.. Pertama yang bisa di ubah adalah nama yang tertera disana menjadi nama lain seperti mr A, mrs B dan mr C. jalankan run dan lihat bagaimana grafiknya berubah namanya.

Berikutnya gantilah angka didalamnya dengan angka yang kamu sukai. Disini masih standar jadi tidak perlu di tunjukkan dengan detail. Terakhir dan terpenting adalah judul dari grafik ini. Mengikuti tutorial ini berarti anda sudah mendapatkan grafik sederhana.

Namun bukan berarti grafik google hanya Pie saja!! ada tipe yang lain.. Pembahasan tipe akan dibahas di tempat berbeda

Tidak ada komentar: