2013-11-28

Silabus WP 3.7.1

Selamat mencoba WP 3.7.1 , tulisan ini dibuat sebagai dasar sebelum saya presentasi nanti hari sabtu. Berikut adalah spoilernya. Beberapa tulisan mungkin salah, tetapi saya sangat terbuka dengan masukan.

WP pada awalnya saya kenal sebagai blog saja. Ternyata perannya sebagai blog inilah membantu kinerja web dev, programer hingga SEO. WP yang awalnya hanya berukuran kecil (di zip), perlahan menjadi besar hingga versi terbaru (yang di download) adalah 3.7.1

Memakai WP ada 2 macam yaitu pake hosting sendiri atau memakai WP yang sudah jadi di wordpress.com! Tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kali ini saya akan jelaskan bagaimana membuat WP yang diletakkan di PC sendiri.

BAGAIMANA WP MEMBANTU DEVELOPER

WP memiliki tidak hanya blog saja, namun kemampuannya untuk menerima source berbeda yang di asumsikan salah satunya adalah add on, membuka jendela memakai WP. WP tidak hanya menjadi blog, namun menjadi program yang berintegrasi!
Walaupun terintegrasi, core dasar dari WP jangan di lupakan! Juga gunakan kemampuan WP terutama dalam hal membuat artikel, yang dalam pembahasan ini tidak akan di bedah lebih dalam karena waktu.
Developer lebih kepada penggunaan add on yang tersedia.  Saat kebutuhan add on tidak mencukupi, dia bisa membuat sendiri atau edit yang sudah ada.



BAGAIMANA WP MEMBANTU PROGRAMER

Programer disini cakupannya luas, namun saya mengambil orang yang membuat coding, template dan sesuatu yang ditulis dengan aplikasi untuk kepentingan berbeda. Berbeda dengan Developer, programer  disini kepada orang yang membuat coding dibandingkan memakainya. Developer yang memakai program tersebut!
Ditambah lagi program tersebut kadang tidak sesuai dengan core si WP. Namun WP membantu dalam hal codingnya. Tidak diduga CMS yang seperti ini memiliki kemampuan layaknya FW.

BAGAIMANA WP MEMBANTU SEO

Ini adalah temuan saya. ternyata memakai WP lebih mudah dalam mendapatkan rangking lebih cepat! Namun dalam kenyataannya WP tidak berbeda dengan CMS atau FW lain.. tapi itu semua ada alasan. Alasan kenapa WP lebih membantu untuk SEO.

  • penamaan judul artikel yang friendly. Pada Framework lain juga sama, tetapi kemudahan mengganti judul tampaknya sudah sejak dahulu.
  • WP adalah blog. Kita mungkin tak percaya, blog adalah bentuk website yang mudah untuk masuk ke list pencarian selain berita. Namun kembali lagi adanya SEO, posisi site kita bisa di pertahankan.
  • Banyak yang memakai WP, dengan banyak memakai WP! maka blog/program kita dapat terangkat. Kebenarannya kurang tetapi dengan banyaknya WP yang lain maka WP yang kita buat pasti berpengaruh khan.

Tidak ada komentar: