2013-08-03

Ask 2 Solve : Membuat select provinsi dan Kabupaten


Pertanyaan ini lebih kepada bagaimana cara select pertama akan merubah select ke 2. Disini kita pelajari logikanya.. Pada select pertama kita memiliki propinsi, dimana propinsi ini memiliki id. Perhatikan id disini bisa berubah angka atau huruf, tetapi rekomendasi saya angka saja.

MEMBUAT TABLE PROVINSI



Dalam hal ini kita membuat table provinsi. tentukan apa kebutuhan yang ada. Singkatnya kita menemukan kebutuhannya adalah ID dan nama, jadi 2 hal itulah yang jadi fondasi awal pembuatan table. Untuk id usahakan pake angka dan autoincrement, namun bila ada kode yang sudah ditentukan.. gunakan /masukkan kode itu.. Namun jangan lupa id yang utama jangan menggunakan itu.

MEMBUAT TABLE KABUPATEN


Pikirkan logika bahwa kabupaten itu adalah bagian dari provinsi. Ini berarti ada sebuah kunci asing (bule) yang berada di table itu. Namun jangan lupa bahwa table kadang kala ada ketambahan dengan kode yang berbeda dengan yang kita pikirkan.

MEMBUAT FORM


Dari sini kita sudah dapat 2 table.. lalu masuk ke membuat form. sebenarnya kita cuma butuh 2 form dahulu! kedepannya ada form ketiga atau seterusnya tergantung dari anda. Nah form pertama adalah select provinsi. Keluarkan semua isi dari provinsi ke select tersebut. setelah berhasil, berikutnya bikin select kota.
Untuk select kota, karena akan berisi setelah input select provinsi, maka biarkan kosong. Setelah itu kita perhatikan pada isi dari selectnya. Pastikan isinya sudah ada

  • datanya (option). kecuali select kota
  • id nya. saya tidak menggunakannya tetapi kalau anda merasa perlu, silakan
  • class nya.
  • name. Wajib en kudu ada
untuk codingnya dapat dilihat disini

untuk keterangan cara pakai dapat melihat didalamnya.. sesuaikan dengan table anda dan juga keinginan anda.. Selamat belajar.

Tidak ada komentar: