2013-06-11

Jangan takut ditanyain saat sidang TA


anda takut ditanya2 saat sidang. Jangan takut... karena sebenarnya pertanyaan pembimbing kamu lebih berat dari saat sidang. Mari kita pelajari program kamu dahulu. Saat saya katakan pelajari, ternyata yang ada di pikiranmu adalah PELAJARI CODINGnya..

Jelas salah kalau anda pelajari coding!! yang harusnya anda pelajari logika program dan juga metode yang menyertainya. Mungkin sedikit database bisa kamu pelajari!!

Bila saat sidang kamu banyak ditanya, jangan takut. itu karena dosen penguji kamu merasa kamu layak dan pantas dapat nilai tinggi. Sejujurnya ganti posisi kamu jadi dosen penguji.. bagaimana kalau kamu menghadapi mahasiswa yang topik diangkat sederhana banget dan bahkan ngak bisa ditanya!!



Kamu justru harus waspada kalau pertanyaannya udah ke coding. Karena sudah dipastikan kamu kurang bisa bawa topik kamu. Dan disinilah kamu harus pelajari apa yang jadi kesalahan kamu!! bukan bagaimana cara lulus.

TIPS saat sidang


  • saat presentasi, jangan sampai kamu terlalu melihat ke kertas contekan. Kamu bukan presiden RI yang saat pidato liat kertas mulu..
  • usahakan tunjukkan kamu minim bawa kertas contekan
  • presentasikan cara kerja program! tips dari saya untuk web adalah nunjukin html aja yang udah kamu tentukan kalau klik A nanti ke B, klik ke C dst
  • jangan buat slide yang isinya banyak tulisan. Itu dah jelasin kalau kamu ngak siap.. kalau bisa tulisan slide < tulisan di kertas contekan


SELAMAT SIDANG dan semoga berhasil!!

Tidak ada komentar: