2013-06-01

Belajar web dari mana

lukisan yang indah
html dan css bs dibilang emang dasar dari semua web.. namun dengan standarisasi browser (thx god mikocok dah sadar), adanya mobile, dan juga kemudahan framework (non php dulu) yg memperbagus tampilan.. juga pemilihan macam2.. sy hrs mengakui kl step awal belajar adalah mempelajari bootstrap..
Permisi Gan, mo nanya buku yg bhs HTML dan CSS mulai dsar hingga master.
Sayangnya menguasai html dan css tidak bisa membuatmu menjadi master. Namun menguasai javascript yang membuatmu jadi master. Bootrap setidaknya memberikan pilihan tersebut

BOOTSTRAP ADALAH PILIHAN

Hal ini di angkat dari fakta lapangan yang saya jelaskan di paragraf pertama. Tentu ada perkataan kalau begitu nanti gaya saya kaku donk.. Modelnya monoton donk dan lain-lain. Ada jawaban YA dan tidak.

BELAJAR DIMULAI DARI MENIRU

Meniru bukan berarti mengambil semua.. Karena walau kita mencontoh, tetapi esensi dari jiwa yang kita contoh tak mudah di tiru. Namun dengan begitu kita harus rendah diri! Karena berkat meniru kita mampu memberikan hasil yang lebih baik. Bila kita selalu meniru tentu kita akan terjebak pada pernyataan model html yang kita buat MONOTON.

DAYA KREATIF MANUSIA TANPA BATAS

sejujurnya saya tidak mengatakan bahwa apa yang kamu buat itu tidak selalu begitu saja. Bisa saja malah berkembang. Namun berkembang tidak selalu hasilnya wah. Oh iya sekedar info, menurut penelitian orang Indonesia memiliki indikasi membuat tampilan web yang lebih bagus dan berwarna.
Sedikit tambahan lagi, orang Indonesia itu tidak serendah yang kita pikirkan. Ada banyak fakta seperti para murid SMA yang menghasilkan sesuatu yang bagus, SMK bikin mobil dan lain-lain. Ini membuktkan bahwa kreatifitas kita tak ada habisnya dan kita bisa berkembang.. Tentunya dukungan positif dan dukungan pemerintah wajib disini.
Liquid Snake

MEMULAI SESUATU

untuk memulai mempelajari tidak selalu harus baca dari A. Tetapi langsung praktek yang udah ada. Bisa dibilang kamu main lego tidak harus dari pecahan-pecahan. Kenapa ngak langsung jadi.. lalu kamu bongkar atau kamu ganti salah satu part dengan yang lain!

Dengan begitu kamu juga belajar. Lalu kenapa ini begini dan begitu barulah baca yang sudah jadi. Mungkin beberapa hal yang km penasaran dalam bongkar adalah CSS. Maka gw sarankan baca di w3schooll

FORM

langkah sebelumnya mengubek-ngubek bootstrap yang udah ada. dan berikutnya adalah membuat form dengan tetap menggunakan bootstrap. Pelajari bagaimana sebuah form dapat melakukan aksi saat di submit. Disini kamu harus mempelajari ada 2 tipe pengiriman data yang disebut GET dan POST. 
Namun yang perlu di ingat disini adalah memakai server dalam memanfaatkan form ini, karena dalam kondisi offline kita tak bisa melihat cara mengirim data. Berikutnya kita mau ngak mau akan belajar penggunaan javascript.

GUNAKAN JQUERY

Dulu gw kira belajar jquery adalah sulit. Namun jquery sebenarnya mempermudah kita dalam menulis coding. Dalih-dalih menulis

this.document.byId('....'); 

kita bisa memakai
$("#tes")

Belum lagi ada tambahan lain seperti .click, .post dan lain-lain. ini cukup membantu seorang pemula sekalipun. Namun sesuatu yang mudah ternyata ada kekurangan. 

LEBIH MUDAH MENGAKHIRI SESUATU

segala sesuatu lebih mudah jika kamu mau mengakhiri. Melihat betapa susah bikin web, betapa menyebalkan jquery dan klien yang maunya berubah-ubah.. Sangat wajar jika kamu ingin mengakhiri. Bukan berarti anda telah melakukan kesalahan membuat web, tetapi lebih baik diberitahu kenyataannya sebelum anda memutuskan masuk kedalamnya.

JQUERY BANYAK VERSI YANG BENTROK?

Seperti yang dijelaskan. dari semua kemudahan ternyata ada kesulitan. contoh jquery berbeda versi maka cara kerjanya jg beda. Terutama kalau kamu memakai plugins keren tetapi sayang masih memakai jquery lama. Itu sebabnya kamu harus belajar namanya jquery no conflict! Namun tetap saja, masalah teknologi akan menjadi penghalangn kamu di web nantinya.

Ada banyak pilihan

Sejujurnya bila anda tidak mau menjadi orang dunia web, anda bisa menjadi orang yang lain tetapi tetap menyentuh web seperti 
♠ SEO
♠ Project Design
♠ Admin
♠ Sales program
♠ TESTER

sebenarnya yang terakhir juga perlu namun jarang terdengar. Tetapi intinya disini adalah bila anda tak cocok programing, kenapa tidak mencoba pilihan lain.

TOOLS PEMBANTU

Fakta sulitnya programer didengar oleh programer lain. Itulah sebabnya hadir CMS, Framework dan juga jquery. Itu hasil kerja mereka semua. Jadi pakailah buatan mereka, bongkar dan temukan cara anda memakainya.
Tak hanya memakai cms... buatlah cms sendiri, dengan logik kamu sendiri. Namun kembali lagi, bila ada kesulitan dalam pembuatan web kamu.. mungkin km hrs coba bikin generate (perlu neh) yang akan bantu kamu dalam ngedit kedepannya. Apa generatenya tergantu kebutuhan kamu. Jangan sampai gara2 input 100 laporan kamu ketik1-1 dan buang waktu.

Dari step inilah kamu sudah belajar PHP
Source: Original.

Tidak ada komentar: