2013-04-15

HTML : mengapa kita belajar HTML dahulu?

Dasar dari sebuah aplikasi adalah tampilan. Bagaimanapun juga kita sudah pergi dari dunia kelam text! Tapi bukan berarti metode di dunia kelam itu tidak kita gunakan.
Dbase 3+
Tidak banyak yang mengenal Dbase 3+, dengan segala teknologi yang baru. Nama ini seolah menghilang. Padahal dbase adalah salah satu database yang kupelajari waktu kuliah. Namun apa daya, ada oracle, mysql dan lain-lain yang lebih bagus.

sambil membaca, silakan mendengar video berikut. Inti dari gambar DBase adalah, kita sudah beranjak pada model yang lebih terlihat modern. Walaupun warnanya agak balik ke masa jadul, tetapi teknologinya tidak. Bila ini di dos, kita pasti akan berhadapan dengan klik A lalu keluar B dan seterusnya. Namun masalahnya di DOS A dan B bukan berada di satu tempat dalam hal ini 1 tampilan. saat klik A maka dia akan hadir B, sebuah tampilan yang menyebalkan kalau bisa dibilang.
Berikutnya kita akan melihat tampilan program akuntansi. Perhatikan peletakan formnya dan juga elemennya. Inilah target yang akan kita buat nanti. Namun ada hal yang dasar perlu diperhatikan yaitu bahwa sebelum membuat sesuatu kita harus membuat tampilan yang akan kita buat.

Membuat tampilan susah-susah gampang. Karena kita tidak pernah tahu apakah tampilan itu tepat atau tidak! kelebihan atau tidak.. dan lain sebagainya. Namun yang perlu anda perhatikan dalam membuat tampilan adalah lebih baik kelebihan daripada kekurangan. Bila ada sesuatu yang kelebihan tapi kamu butuh nantinya, hide saja elemen tersebut.

Di dalam web, yang dapat membuat tampilan adalah HTML. Walaupun kamu memakai Dreamweaver untuk membuatnya atau aplikasi lain. Namun bahasa yang standar untuk dbaca oleh Browser adalah HTML. Namun ini belum berakhir!? Karena untuk pedukung kamu memerlukan yang namanya CSS/style dan JS.

Pembahasan disini belum masuk ke dalam penggunaan bahasa pemrograman, jadi tolong maklumi keterbatasan tulisan ini. HTML sendiri berasal dari banyak tag, formatnya
<nama_tag atribut="nilai">bla bla </nama_tag>
format ini kadang berdiri sendiri seperti
<BR />

DUNIA TANPA TOOLS

Saat pertama kali hadir, HTML tidak memiliki tools seperti Dreamweaver. Apple saat itu membuat sebuah template yang mana kamu bisa meletakkan elemen yang dibutuhkan dan walah.. sudah dapat! Namun sekarang sudah dipermudah?!? kenapa harus belajar HTML padahal ada alat bantu.. jawabannya agar kita tidak terlalu tergantung pada aplikasi yang kita gunakan.

Saat kita di client, belum tentu kita memakai komputer/laptop sendiri untuk memperbaikinya. bahkan ada kasus kita malah memakai NOTEPAD ?? karena klien minta perbaikannya saat ini juga. Apabila kita membutuhkan editor, bisa-bisa proses perbaikan jadi lambat dan kita akan kehilangan respect

JS dan CSS

Disini maksudnya bukan file extension JS atau CSS aja. Namun file yang berisi setting, perintah dan lain-lain. Tujuan file itu adalah membuat tampilan html lebih menarik dan dinamis. CSS disini memakai versi 2.xx bukan 3.xxx! sedangkan JS untuk kemudahannya memakai framework seperti jquery. Namun bila menggunakan bootstrap atau lainnya tidak ada larangan.
CSS dan JS tidak bisa bekerja penuh apabila kita tak jelas target yang akan mendapatkan efek dari JS/CSS tersebut. Dari saya menyarankan untuk memberikan atribut id atau class. Hindari menargetkan ke tag seperti TD, input dan lain-lain.

STRUKTUR HTML

layaknya manusia, HTML ternyata memiliki bentuk kayak manusia dengan adanya Head, body dan juga foot. Namun yang foot (kaki) sebenarnya tak ada, namun bisa dimasukkan ke dalam body. Dalam pengerjaan html, kita harus ingat menyimpan datanya sebagai file html (huruf kecil bukan kapital). Tapi pada pengerjaan menggunakan PHP dan framework, kita akan mendapati bahwa penamaan HTML sudah diganti dengan php.
Pada jaman dahulu kita menggunakan html, namun karena sistem kita nantinya memakai apache dan php untuk menjalani.. daripada memanfaatkan html lagi, langsung saja memakai php. Dan penulisannya mirip seperti html, namun perbedaannya pada kamu dapat menambahkan variable dinamis dari PHP.

KESIMPULAN


  • Design adalah dasar dari programing
  • tampilan yang harus digunakan adalah yang penuh GUI.
  • Memahami HTML adalah dasar dari programing di web karena berhubungan dengan design.
  • penamaan extension sesuai kebutuhan tidak harus html karena ada variable dinamis
  • JS dan CSS adalah keharusan yang ada di dalam html kita.
  • Penggunaan JS dan CSS harus di arahkan ke ID/Classnya.
  • Memahami struktur HTML berarti akan mempermudah untuk membuat aplikasi kedepannya.
  • memahami HTML berarti bisa lebih cepat dalam pengerjaan web karena tidak tergantung pada editor.

Tidak ada komentar: