2013-04-16

Browser :aplikasi pembuat bete

Untuk menampilan website/program buatan kita di web. Kita membutuhkan browser. Perlu di ketahui browser yang menjadi target program kita ternyata malah jadi batu sandungan dalam membuat program kita. Dalam dunia programing IE adalah salah satu batu sandungan, dan sandungan lainnya adalah Opera. Walau demikian, masih ada jalan kita bisa menangani sandungan ini di browser under desktop ini.
Namun kendala terbesar adalah saat kita harus bisa memastikan browser untuk mobile berjalan sesuai keinginan kita. Masalahnya sebenarnya agak mirip dengan Opera yang merusak sebagian dari tampilan yang kita buat. Namun dibandingkan Opera, IE lebih parah dan terkadang membuat sulit untuk di coding.
Ketika mengurus masalah web, penamaan juga penting. Dalam browser kita mungkin tidak terlalu melihat bahwa penamaan tidak masalah untuk kapital dan tidaknya. Tetapi kita terkadang lupa karena yang kita uji ini ada di Windows bukanlah linux yang sangat sensitif atas.. penggunaan huruf. Beberapa JS dan CSS mungkin tidak akan berjalan di web yang kita tuju. Namun terkadang malah tidak berjalan di web yang terbaru. Atau malah tidak jalan padahal sebelumnya berjalan?!? sangat banyak kemungkinan kenapa browser ngadat!

IE ADALAH PERUSAK

bagi para developer atau designer, membuat browser bawaan MS Windows adalah bencana! kita lebih suka membuat under firefox atau setidaknya lebih buruk under Opera. Namun bukan berarti under windows adalah pekerjaan yang sia-sia.

 Apabila kita akan mencetak, sebenarnya akan lebih bagus bila kita membuat tampilan untuk mencetaknya dengan standar kekurangan IE. IE bisa dibilang agak kurang ramah terhadap pemakaian DIV yang mungkin telah kita atur agar tampilannya rapi. Berujung pada IE harus memanfaatkan tag table agar mencetak tampilan yang rapi kebawahnya.

 Namun sayang walaupun hasilnya rapi, bentuk dari table dari IE terlihat kaku. Bagi penggunanya, hasil  yang kaku ini tak masalah karena mereka mementingkan isi dan kejelasan posisi. Dengan memakai table, kita bisa menentukan lebih mudah dalam lebar fieldnya. Namun tidak menutup kemungkinan penggunaan div nantinya.

 IE yang mungkin anda baca saat ini atau digunakan tidak separah IE dahulu. Bahkan menurut info IE lama adalah masalah yang sulit dipecahkan walau demikian IE lama telah mengajarkan kita bahwa menjadi programer web tidaklah mudah.

STRUKTUR BERBEDA HASIL BERBEDA

Kita tidak bisa memungkiri bahwa tampilan yang kita berikan bisa saja berbeda. Belum ditambah browser tersebut kurang ahli dalam menerjemahkan bahasa computer yang kita berikan. Bila kita perhatikan, disetiap header halaman web kita temukan
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
Tentu berbeda hasilnya di web lain. perbedaannya dapat di lihat apabila kamu memberikan font yang berbeda. Tapi perkembangan jalan akhirnya mulai dan penulisan di atas dapat di singkat terutama nama untuk scriptnya.
Tidak hanya masalah header. Penulisan di bagian body juga harus diperhatikan. Beberapa penulisan yang sebenarnya harus dihindari adalah penulisan BR dimana tidak menganut konsep buka tutup?! lucunya beberapa temen lupa dan tak sadar akan konsep ini malah tampilannya bagus?

TAG BUKA TUTUP

maksudnya seperti tag table yaitu adanya
<table> dan </table>

sesuatu yang kamu mulai (start) harus ditutup (finish). Ada beberapa tag yang tidak bisa mengikuti cara ini seperti
  • image
  • br
  • hr
  • dan lain-lain.
melihat dari perilaku yang terjadi, tampaknya tak terlalu berpengaruh untuk design. Sebenarnya tak hanya tag yang terlihat dan umum, ternyata ada tag lain. Namun karena kita belajar dari tag demikian, saya tidak akan buka tag tersebut.

tak hanya masalah tag buka-tutup. Ternyata beberapa browser cukup sensitif akan isu ini. Sehingga berujung program kita tidak jalan semestinya..

Tidak ada komentar: