2013-03-02

Sebelum tidur.. mari belajar bertanya dan menjawab


Blog sebelum tidur!! sebagai seorang programer dan orang baik.. menolong adalah tindakan yang bagus. Namun ada juga norma dalam menolong.. tidak selalu menolong berujung kamu yang kesulitan!! Tapi kadang walau kita kesulitan, kita dapat belajar dari masalah.. sebagai contoh dan hasilnya adalah tulisan di blog ini!! sumbernya ya dari jawab permasalahan orang.

tapi kadang pertanyaan tak selamanya selalu kita yang jawab, biarlah orang lain juga menjawab.. karena orang pintar bukan dari bertanya saja.. tapi menjawab.. Walau demikian kita harus mencoba agar tidak menyinggung baik penanya dan orang lain yang berusaha menjawab.



Untuk penanya

  1. belajarlah bagaimana cara bertanya yang baik,
  2. jgn serta merta bertanya, tapi coba dulu cari tau sendiri, kalau udah mentok baru tanya.
  3. coba tanya secara privat dulu ke orang yang palign di kenal, walaupun via FB doank. siapa tau jawabannya cuma simple. daripada langsung ke grup.
  4. coba googling dulu, ini gampang2 susah, saya maklum kalau pemula masih belum bisa mengoptimalkan penggunaan mesin pencari.
  5. jgn sekali2 minta script, link download dsb, udah pasti pada males jawabnya, karena terkesan gk mau usaha. hehe
  6. jgn bertanya terlalu umum, tapi jabarkan dulu permasalahannya, apa usaha yang udah dilakukan dan kenapa bisa nggak jalan code nya dsb. ini akan memudahkan orang untuk menjawab.
  7. jgn anggap semua yang ada di grup ini mau bersukarela menjawab setiap pertanyaan yang ada. semua juga pada kerja, istirahat, dan melakukan kegiatan yang lainnya. jadi kalau belum nemu jawaban yang pas, jangan marah. kita semua nggak dibayar disini. hehe
  8. Jangan pernah request yang macem2, misalnya, kirim donk jawabnya ke email ane di blabla@yahoo.com. Bagi saya penanya seperti ini sadis banget dan mau enaknya sendiri Biasanya komen di blog2 sering begitu

TIps bwt Penjawab/Calon penjawab pertanyaan

  • Kalau tidak suka dengan pertanyaanya mending nggak usah dijawab, biarkan orang lain yang menjawab.
  • Ingat kita dulu juga pernah cupu gk tau apa-apa, bayangkan yang nanya itu diri kita sendiri.
  • Jgn bawa emosi pribadi ke ranah forum, misal lagi stress coding gk selesai2, atau masalah pribadi.
  • Mungkin pada akan menjawab, ich.. gitu aja, googling donk, malas amat.. saya mungkin pernah juga jawab begitu. hehehe. eit harus ingat, penanya itu belum tentu bisa googling dengan benar.
  • Kalau mau jawab, php.net donk, lengkap disitu semua.
    ini kesannya simple ya, tapi bagi penanya / newbie, jawaban ini bukan solusi. krn saya dulu pernah ngalamin juga, pas nanya tmn, dia jawab php.net. apa sih yang bisa dilihat di PHP.net, gk mudeng blas.
  • Jadi bwt penjawab, jawablah jika anda tau, dan anda mau menjawab. jika tidak ya jgn komen yang nggak2. walau kadang geram juga kalau yang ditanya itu2 juga.

Tidak ada komentar: