2012-11-14

selalu backup blog anda

saat ditanya apa yang duluan antara telur atau ayam. Kita akan bingung menentukan mana yang duluan. Hal sama mungkin akan terjadi bila kita ditanya, mana yang duluan... bikin blog dahulu atau  menjelaskan pada orang lain tentang pemikiran anda saat ini. Sejujurnya tidak ada yang lebih cocok duluan atau belakangan. Karena keduanya sebenarnya adalah 2 hal yang harus di dahulukan. Kamu bisa aja lupa apa yang kamu tuliskan, apalagi logika saat kamu menjawab pertanyaan bisa hilang beberapa saat kemudian.

Sebenarnya ini rahasia dapur. Bila anda membaca tulisan saya di blogger, sebenarnya ini adalah backup tulisan saya. Yang asli justru ada di wordpress. Tetapi yang diketik duluan adalah yang di blogger bukan di wordpress. Hal ini dikarenakan saya melihat data /tulisan saya lebih aman di blogger dibandingkan WP yang dipasang di hosting gratisan.

Kenapa masih pake gratisan, karena sejujurnya saya masih belum siap untuk memakai yang berbayar. Apalagi harus memilih domain yang cocok untuk web saya. Perlu di ketahui ada kemungkinan bulan depan web saya akan dibuat menjadi domain .COM sehingga saya bisa lebih tenang dan tidak takut apabila hosting mendadak menghapus data saya secara sepihak.

Belum lagi ada kemungkinan data saya (sudah kejadian) tiba-tiba hilang akibat kejadian alam (petir). Tidak ada yang salah baik disaya maupun di hosting, ini murni dari kejadian tak terduga. Dan untuk itulah saya berusaha ketat agar kejadian itu tak terulang dengan backup data. Blooger adalah pilihan backup saya.

Tidak ada komentar: