2013-07-06

Cara membuat KRS online

Berangkat dari membantu membuat KRS online, berikut ini adalah cara membuat KRS online.
Maaf bang mas kang saya newbie .>
gmna ya cara bkin KRS berbasis web ?
tolong dund klw ada yang bsa bntu
gtu..
pertama adalah mulailah anda bersedekah. karena sedekah adalah cara baik untuk berinvestasi di masa depan. Saranku bukalah http://www.rumahzakat.org/ lalu cari tempat terdekat dengan anda. Bersiaplah karena kedua dan seterusnya adalah inti jawabannya

Dalam membuat sebuah program, kita membuat dari tampilan kasar! berlanjut lainnya hingga memilih tampilan yang bagus, merubah jadi HTML, database, coding dan testing.. masih kurang sreg.. coding dan testing ampe benar. Dah oke barulah bikin adminnya

TAMPILAN KASAR

dalam hal ini kita harus list semua tampilan pentingnya yaitu

  • tampilan isi krs
  • tampilan preview krs
  • tampilan cetak krs
perbedaan preview dan cetak adalah detail yang ditampilkan. jadi kl preview biasanya ada tulisan INI PREVIEW, kurang nama dan kelas.. sedang cetak KRS dah lengkap en tinggal kasi perintah PRINT langsung jadi.
Tampilan isi KRS dalam hal ini adalah form2 apa aja yang dimasukkan. Karena disini adalah tampilan kasar, kamu hrs memasukkan detail form ini batasannya apa aja!

TAMPILAN RAPI

disini mirip seperti di atas, namun sudah dibentuk dengan rapi dan berwarna. Namun kita terkadang susah bikin begini... jadi sarankau bikinlah langsung jadi HTML dengan memanfaatkan bootstrap.

POTONG-POTONG TAMPILAN HTML TERSEBUT

setelah berhasil mendapatkan tampilan yang sesuai. Perhatikan bahwa tampilan itu memiliki kesamaan. Jadi mulailah untuk memotong tampilan yang kembar. Namun ignore ini dahulu, kita lanjut ke database

DATABASE

dalam database, kita bisa melihat dari tampilan yang sudah rapi dan juga yang kasar. Berapa table yang dibutuhkan, berapa field yang dapat dipakai dan terakhir data apa aja yang akan kamu masukkan. Baik tampilan yang nanti dimasukkan dan juga data yang akan dikeluarkan.

ALGORITMA

sebenarnya ini optional, namun ada baiknya kamu list algoritma dari awal mulai (mengisi KRS hingga cetak KRS). 

CODING

dari template yang sesuai, pastikan isi formnya sesuai yag kamu inginkan. Misal penamaan dan data yang ditampilkan untuk kelasnya.belum tentu yang kamu buat di html itu sesuai, bisa aja ada pemnambahan khan.. nah disinilah coding dimulai.

Lalu km akan ada yang namanya proses, manfaatkan variable yang dikirim dan masukkan. Filter juga agar tidak muncul error. Terakhir dan yang pasti, memastikan data dari table keluar pada kolom yang sesuai.

TESTING

selamat datang di area yang sulit. KAMU harus memastikan coding dan algoritma kamu benar. User terkadang bukan orang pintar atau malah kamu melakukan kesalahan dalam filter. Testing itu semua dan masuk coding lagi.

MEMBUAT ADMIN. 

pelajari table kamu. bikin list table yang bisa di edit dan juga hal lain seperti login !!bila KRS online bs dimasukin FREE.. km hrs berfikir membuat semacam proteksi

akhir kata.. SELAMAT BELAJAR

Tidak ada komentar: