2012-11-12

Mau pake mysql, manfaatkan PDO atau mysqli

Sword art Online
Menurutku ini anime dengan cerita biasa saja. Karena saya sudah pernah nonton yang lebih dalam seperti .Hack jadi saya ngak mau banyak komentar. Tapi bila bahas Sword Art Online, membuatku teringat akan .hack atau game jadul lainnya. Karena di atas adalah dari Sword Art Online, saya akan samakan dengan .hack!! Game yang memiliki sistem dimana pemain dapat masuk kedalam game. Namun itu cuma khayalan, karena aslinya hal tersebut tidak mungkin. Btw, kenapa bahas anime, harusnya khan bahas mysql!?

Selama ini kita sudah biasa memakai mysql dengan perintah mysql_ . Tetapi faktanya kedepannya hal ini tidak di sarankan! Karena fungsi itu tidak menggunakan kemampuan mysql yang baru (database). Mysql memiliki banyak fitur, memang tidak semua kita gunakan fitur itu, tetapi suatu saat nanti kita akan menggunakan fitur tersebut. Dari saya pribadi inginnya memanfaatkan PEAR atau fungsi bawaan dari Framework atau CMS! Dimana kita cukup memilih tipe database dan fungsi itu yang menentukan apa yang digunakan. Jadi bila anda membuat database di tempat berbeda, anda tidak kesulitan harus edit semua fungsi jadi sesuai dengan database seperti merubah mysql  jadi postgree Tapi mari asumsikan kita menggunakan native jadi harus ngetik manual. Maka mulai dari hari ini mari membiasakan diri untuk memakai mysqli dibandingkan mysql. Pada dasarnya mudah, tetapi kalau tidak biasa akan sulit. Pertama yang harus anda ketahui adalah apakah
  • php anda php terbaru. Karena php terbaru support mysqli. 
  • support mysqli. Biasanya lupa di load tetapi itu tidak masalah, edit di php.ini
  • ada kopi disebelah anda?! jika tidak ada teh juga boleh.
Bila semua telah siap, ada baiknya anda membaca link yang ada dibawah. Link tersebut berguna sekali sebagai dasar kenapa saya meminta anda merubah jadi mysqli. Jadi saya tidak hanya memberikan pernyataan kosong. Berikutnya saya akan bikin sesuatu yang mudah dipahami. sumber: mysqlinfo.api.choosing.php

Tidak ada komentar: