2012-11-08

Joomla: membangun komponen sederhana part 3

Melanjutkan dari tulisan membuat sebelumnya. Bila anda belum membaca artikel sebelumnya.. saya tidak akan bahas lagi karena akan ngebut disini. Terakhir kita bicara tentang controller.php
Bila ada salah penulisan, tolong edit tulisannya hingga benar. Tidak ada maksud menipu disini. dan untuk mempersingkat saya membuat ini, sedikit info bahwa controler ini mungkin akan jarang kita edit-edit. Tanpa basa-basi langsung menuju TKP

Saat menjalankan kita akan bingung karena yang didapat bukanlah tampilan tetapi ERROR. tepatnya error 500.. hal ini sebenarnya berkaitan dengan tidak adanya view yang akan dibuka.
500 - View not found [name, type, prefix]: gundam,html,gundamView
pernyataan disini sebenarnya menjelaskan bahwa tidak ada view bernama GUNDAM!! buatlah folder bernama views didalamnya buatlah folder bernama gundam. kemudian buatlah file bernama view.html.php Isilah file tersebut dengan coding seperti yang terlihat di link ini.

Harap maklum saya menggunakan link luar karena ingin tampilannya enak dibaca. dengan begitu kalian belajar tidak kesulitan. Setelah OK.. jalankan dan anda mendapat error?? jangan takut.. ini adalah error yang kutunggu. Ini menjukkan tidak ada default dan fakta defaultnya adalah file default.

Buat folder tmpl didalamnya lalu isi dengan file bernama default.php
dan isi dengan
Selamat datang di Gundam 
silakan coba!!!!

Tidak ada komentar: