2012-10-31

Masalah tampilan pada Code Igniter (Framework)

Problem ini terjadi saat ada komplain klien. Klien merasa bahwa form/kotak yang saya buat kurang posisinya ke kanan. Ternyata memang benar pernyataan bahwa para designer takut dan benci pada perubahan design. Apalagi design itu dicoba di browser yang bisa dibilang tidak di testing oleh designer tersebut. Entah apakah saya pernah share tulisan ini atau belum, tapi saya asumsikan belum.
Cyclone

Untuk menyingkat saya memperbaikinya. Berterima kasih karena saya meletakkan coding utamanya (untuk tampilan) di file css. Jadi saya melakukan perubahan saja di CSS!! bukan di view. Perlu diketahui bahwa dengan meletakkannya di CSS, editing jadi lebih mudah. Tetapi entah kenapa masalah tiba-tiba muncul.

Saya asumsikan bahwa motor yang harusnya tampil harusnya bukan cyclone. Klien melaporkan bahwa motornya yang hadir tidak tepat, seharusnya berganti dengan motor lain seperti motor berikut
Ride Shooter (ryuki cs)
Melihat dari coding, saya melihat bahwa area preview itu dikendalikan oleh  CSS. Sedikit hint, backgroundnya yang perlu saya edit, karena kebetulan ukuran dan lebar sama jadi hanya ganti background semua langsung jadi.



Editing sudah dilakukan, testing sudah dilakukan (walau saya mencoba di lokal), Save telah selesai dilakukan dan semua bekerja seperti seharusnya. Bahkan saya mencoba melihat secara tak langsung dan semua bekerja dengan baik. Saya laporkan 'SUDAH DI UBAH'.

Tetapi aneh bin ajaib. Klien berkata TAMPILAN TIDAK BERUBAH?!? selidik-selidik, ternyata yang terjadi saat di klien (bukan di tempatku). Klien masih memanggil CSS yang lama!? perlu diketahui CSS yang lama masih memakai gambar pertama bukan kedua. Otomatis beraba khan!! Akhirnya dengan perasaan sedih, terpaksa edit di view dan langsung tembak ke div bersangkutan agar halamannya berganti.

Sebenarnya cara ini TIDAK direkomendasikan, tetapi nyatanya cara ini malah yang paling bisa jalan. Tapi di lain hari, di lain kasus, malahan cara ini tidak jalan?!? Walaupun dari klien akhirnya memakai metode hapus cache dan semua muncul sesuai harapan.

Penyebab ini semua adalah Cache!! mereka menyimpan file yang seharusnya mereka tidak simpan. Lalu memakai lagi walaupun css tersebut tidak digunakan karena telah berubah. Dalam kasus ini adalah CSS.

Kejadian ini biasa terjadi di Framework dan juga CMS. Kebetulan saya memakai CI jadi contoh ini lebih kepada CI.. Tetapi bila anda memakai framework lain, hal sama dapat terjadi!! Solusi yang saya berikan adalah

HAPUS CACHE

Di browser, anda harus menghapus offline file. Lalu mencoba memasukinya lagi. Cara ini biasanya tidak disarankan karena belum tentu klien anda memahami. Mereka lebih penting menekan F5 saja! dan berharap hasilnya 'Sempurna'

MENULIS LANGSUNG DI HTML

Maksudnya adalah menulis cssnya di html tersebut, baik menulis dalam bentuk style
Atau langsung menulis di div bersangkutan
Saya biasa memakai cara ini, tetapi sekali lagi bukan solusi yang tepat.

MERUBAH LINK CSS

Sebenarnya, cssnya sama tetapi ada perubahan lain didalamnya. Biasanya saya save CSSnya lalu ganti namanya. Tapi kenyataannya tidak semudah itu. Karena kadang yang namanya cache di browser malah merekam html awal. Sebenarnya hal ini jarang di browser terbaru, hanya muncul di browser lama!? Tetapi hal itu menyulitkan karena kamu harus ganti nama hingga akhirnya nama css nya sendiri menjadi tidak teratur.

Cara yang saya lakukan sebenarnya bukan mengganti nama, tetapi memberi semacam variable get di alamat CSSnya.. Contoh:
nama sebelumnya syle.css
setelah saya ubah-ubah. Alamat linknya saya buat jadi style.css?3 
keuntungannya saya tidak perlu merubah namanya, tetapi kerugiannya saya harus edit 2 file yaitu view yang memanggil css dan juga CSS itu sendiri. perintah saya sebenarnya memaksa browser untuk memanggil Style.css yang baru, walaupun sebenarnya itu adalah CSS yang sama seperti sebelumnya (dengan isi berbeda)

Semoga sharing saya dapat berguna untuk anda.

Tidak ada komentar: