2012-06-04

logic stock yang menggunakan update

ngak ada logic yang salah!! Beberapa kali saya melihat logic untuk pemeriksaan stock memanfaatkan update dibandingkan insert!? sebenarnya tidak salah memanfaatkan update, tetapi perlu diwaspadai apabila ternyata update yang masuk malah double atau malah tidak sama sekali!! Hasilnya jadi tidak valid dan program anda tidak dapat dipercaya!!

Tetapi memanfaatkan Insert juga tidak lepas dari masalah yang sama. Sehingga anda memerlukan validasi apakah memang insert/update yang dilakukan sesuai atau tidak!? Tetapi kesulitan akan dihadapi bila anda memanfaatkan update!! karena update terkadang tidak dapat tercatat dibandingkan insert.



Untuk programer, tulisan ini bukan untuk menjelekkan update tetapi untuk meminta anda memperhatikan bagaimana logic yang tepat. Walaupun logic yang kuberikan masuk akal dan dapat diterima, tetapi kembali ke programer apakah dia bisa menangkap atau tidak. Tetapi jangan lupa, setiap logic harus dicatat agar anda tidak lupa bagaimana logic anda.. Siapa tahu 3 tahun berikutnya anda diminta mengerjakan program stock ini lagi.

Tidak ada komentar: