2012-06-18

kebiasaan itu sangat perlu dalam programing

Kebiasaan itu sangat penting, apalagi bila kamu menghadapi yang skalanya KECIL.. buat apa bahas yang besar kalau tidak mulai dari yang kecil. Seperti pepatah, kecil-kecil cabe rawit.. biar kecil tapi pedesnya menyakitkan!!


Eh ralat.. kecil-kecil lama-lama jadi bukit. Kalau dimasukkan ke programing, sesuatu yang kecil akan berguna saat kamu pegang program besar nantinya.

Program yang belum tentu kamu duga sebelumnya, mungkin saat ini kamu bikin kode sederhana. TETAPI besok kode yang super-duper berhubungan ama sesuatu yang penting dinegara ini seperti...

Program Pemilihan Gubernur DKI. Bayangkan betapa rumit dan sulitnya program nantinya. Tetapi bukan masalah besar program yang akan dibahas, melainkan kebiasaan kita dalam melakukan coding untuk progam kecil kita.

Problem yang pasti kita akan hadapi adalah kebiasaan ngetik koding lagi. kalau dari awal kamu ketik dengan format
$sql="SELECT nama from table"'";
$hasil=mysql_query($sql,$idkoneksi);
berikutnya lakukan hal yang sama!! jangan sampai malah tertulis
$sql = mysql_query("SELECT * FROM t_brg a, t_satuan b ");
apakah ada yang salah dari tulisan ini. Sebenarnya tidak ada yang salah, tetapi kebiasaan yang sering dilakukan adalah sesuatu yang mudah di ingat. Tetapi kadang kita suka lupa dengan apa yang biasa kita lakukan. Atau kita bekerja dalam team.. Bila merujuk pada tips programing memanfaatkan comment, saya rekomendasikan memakai itu.

yang terpenting dalam programing adalah bagaimana kamu bisa menguasai program kamu selain memuaskan pelanggan. Ada ratusan klien/pelanggan di luar sana, mereka mungkin tidak menghargai kamu karena tampilan dan apa yang kamu kerjakan itu ngak ada/kelihatan dimata mereka. Tetapi dengan mengikuti tips kebiasaan ini, setidaknya kamu menghormati kodemu sendiri dan menunjukkan bahwa anda layak dikatakan programer bukan sekedar titel saja.

Tidak ada komentar: