2011-12-29

The Dark Knight's Women From Arkham City

Anda sedang memainkan Batman: Arkham City? Atau bahkan telah menamatkannya & mengulanginya lagi? Adakah karakter selain Batman yang anda sukai? Beberapa karakter antagonis & protagonis muncul didalam game kedua seri Arkham ini, & mereka telah muncul sebelumnya dalam komik-komik terbitan DC Comics maupun film-film layar lebar, kaca & animasi buatan Warner Bros.

 Seperti si musuh abadi Joker, Two Face, Killer Croc, sang komisaris Jim Gordon dan lain-lain. Serta tentu saja para karakter wanita ikut berperan dalam Batman: Arkham City. Dan mereka bukanlah sekedar karakter yang numpang lewat saja, tetapi memiliki andil dalam cerita tentang kota penjara ini. Antara lain Catwoman, Harley Quinn, Oracle, Talia al Ghul, Poison Ivy & Vicki Vale. Siapakah mereka ini? Bagaimana latar belakang mereka di game, film & komik? Mari kita kupas secara singkat kemolekan mereka bersama-sama.
1. Vicki Vale


Dia adalah salah seorang reporter dari Gotham City Gazette yang sedang meliput konferensi pers yang diadakan oleh Bruce Wayne. Tetapi dia bersama Bruce Wayne & para reporter lainnya diculik oleh Dr. Hugo Strange & disekap di Arkham City. Beruntung Vicki berhasil melarikan diri, tetapi kembali lagi ke kota tersebut untuk meliput segala kejadian disana & tentunya kegiatan Batman.

Dalam Batman: Arkham City, Vicki Vale yang aslinya bernama Victoria Vale digambarkan sebagai seorang wanita dengan berambut blonde, tinggi 1,7 meter & berat sekitar 60 kg.

Vicki Vale muncul pertama kali di komik Batman #49 yang terbit bulan Oktober 1948. Dalam versi animasi, Vicki pertama kali muncul di film The Batman VS Dracula (2005). Sedangkan versi layar lebar, Vicki Vale diperankan oleh Kim Basinger yang berpasangan dengan Michael Keaton dalam film Batman yang dirilis tahun 1989. 

Dia selalu berusaha untuk mengetahui siapakah Batman itu sebenarnya, serta curiga jika Bruce Wayne & Batman itu adalah orang yang sama.


2. Poison Ivy


Poison Ivy pada mulanya adalah seorang ahli botani bernama Dr. Pamela Lillian Isley. Dirinya berubah menjadi seorang manusia tumbuhan (plant-human hybrid) yang disebabkan oleh kesalahan pada eksperimen yang dilakukannya. Klorofil atau zat hijau daun menggantikan darah yang mengalir dalam tubuhnya, serta memiliki kemampuan untuk membuat racun & pheromone yang berguna untuk menghipnotis lawan-lawannya.

Dalam Batman: Arkham City, wanita ini muncul dalam misi Catwoman. Dari empat misi Catwoman, Poison Ivy muncul di dua episode. Yaitu ketika Catwoman meminta tolong dirinya untuk membantu memasuki Confiscated Goods Vault milik Hugo Strange.

Poison Ivy muncul pertama kali di komik Batman #181 pada bulan Juni 1966. "Kejahatan" yang dia lakukan selama ini bermula dari tumbuhnya rasa ketidakpeduliannya lagi terhadap manusia. Yang dia inginkan hanya adalah kehidupan bagi tumbuhan-tumbuhan miliknya. Dia pernah menyerang Gotham City dengan menyebarkan bibit-bibit tanaman beracunnya ke seluruh penjuru kota.

Dalam Batman: Arkham City Poison Ivy memiliki rambut berwarna merah, kulit & mata yang berwarna yang hijau, tinggi sekitar 1,8 meter & berat sekitar 57 kg.

Poison Ivy juga pernah muncul dalam game Batman: Arkham Asylum, serta film layar lebar Batman and Robin yang diputar pada tahun 1997, & diperankan oleh Uma Thurman. Dan dia beberapa kali muncul pula dalam serial Batman: The Animated, Justice League, Young Justice & lain-lain.


3. Talia al Ghul


Melihat dari nama marga yang dia sandang, sudah jelas bahwa Talia al Ghul adalah putri sekaligus wakil dari Ra's al Ghul yang memimpin League of Assassins. Hubungan antara Batman & Talia bisa dikatakan cukup rumit, karena ada "campur tangan" dari ayahnya. Talia begitu mencintai Batman, sedangkan ayahnya menganggap Batman adalah musuh tapi dia mengharapkan agar Batman mau bergabung dengannya untuk meneruskan tahtanya di League of Assassins.

Talia al Ghul memiliki kecakapan dalam pertempuran tangan kosong, permainan pedang & stealth. Dalam beberapa kali duel dengan Batman, dia menghormati "lawannya" tersebut karena dapat menandinginya. Sebagai wakil pemimpin League of Assassins, Talia memiliki kemampuan yang tinggi dalam hal strategi & taktik.

Dalam Batman: Arkham City Talia muncul ketika Batman akan menghadapi Ra's al Ghul di Chamber of the Demon.

Talia muncul pertama kali dalam Detective Comics #411 yang terbit tahun 1971 & memulai debutnya sebagai sebagai kekasih/sekutu/musuh bagi Batman/Bruce Wayne hingga kini. Dia memiliki tinggi 1,8 meter & berat 70 kg, dengan rambut berwarna coklat & mata berwarna hijau. Juga muncul di film animasi Batman: The Animated Series & Batman Beyond
4. Oracle


Tidak hanya Ra's & Talia al Ghul yang merupakan karakter yang memiliki hubungan sebagai ayah & anak dalam kisah Batman: Arkham City. Oracle yang memiliki nama asli Barbara Gordon juga merupakan anak dari komisaris Jim Gordon. 

Oracle selalu berhubungan dengan Batman melalui alat komunikasinya, & membantu Batman menganalisa setiap benda, jejak atau masalah dengan menggunakan perangkat komputer yang dia miliki. Kemampuannya dalam hal IT & telekomunikasi sangat penting bagi Batman, apalagi dengan keliahaiannya meretas Tetapi dia tidak pernah menampakkan dirinya dalam Batman: Arkham Asylum maupun di Arkham City.

Sebelum menjadi Oracle, Barbara Gordon pernah menjadi Batgirl. Muncul pertama kali dalam Detective Comics #359 (January 1967). Tetapi setelah kakinya terluka ditembak oleh Joker & mengharuskan dia hidup dengan menggunakan kursi roda. Mulai pada komik Suicide Squad #23 (Januari 1989) Barbara merubah call sign-nya menjadi Oracle, mendukung kegiatan Batman & bergabung dengan kelompok heroine DC berjulukan Birds of Prey. 

Pada komik Batgirl Vol 2 #1 yang baru saja terbit pada bulan November 2011 ini, Barbara diceritakan sembuh dari kelumpuhannya & mulai aktif kembali menjadi Batgirl. Barbara juga diceritakan memiliki hubungan asmara dengan Dick Grayson, alias Night Wing.


5. Harley Quinn


Harley Quinn pada awalnya adalah seorang psikiatris di Arkham Asylum yang bertugas untuk mempelajari kejiwaan Joker. Tapi pada akhirnya terobsesi & bahkan jatuh cinta pada pasiennya itu. 
Bernama asli Dr. Harleen Frances Quinzel , Harley Quinn kemudian menolong Joker untuk melarikan diri dari Arkham Asylum.

Dalam cerita Batman: Arkham City, Harley Quinn bersama Joker berhasil melarikan diri dari penjara Arkham Asylum menuju sebuah tempat yang ternyata menjadi Arkham City. Dia kemudian menduduki sebuah pabrik tua & dijadikannya markas. Harley juga menculik Nora Fries, istri Mr. Freeze untuk mengobati Joker yang sedang sakit karena efek overdosis dari Titan pada Batman: Arkham Asylum.

Harley Quinn pertama kali muncul pada film animasi Batman: The Animated Series episode 22 (September 1992) & pada komik The Batman Adventures #12. Memiliki tinggi 1,7 meter & berat 70 kg, berambut blonde & bermata biru.
6. Catwoman


Selina Kyle alias Catwoman adalah seorang pencuri profesional, dia mempelajari ilmu bela diri & keahlian akrobatik untuk menunjang pekerjaannya tersebut. Dalam hubungannya dengan Batman, Catwoman kadang menjadi musuh yang harus dikejar & ditangkap, kadang menjadi teman atau sekutu ketika menghadapi suatu kasus. Hubungan ini diperumit pula dengan kisah asmara antara keduanya yang kadang nyambung kadang putus.

Kehadiran Catwoman di Arkham City adalah untuk mengambil kembali sebuah memory card yang dia simpan disana. Tetapi dia tertangkap oleh Two Face & kemudian diselamatkan oleh Batman. Setelah Batman menyelamatkannya, Catwoman hampir saja menjadi korban peluru dari seorang sniper kiriman Joker. Catwoman juga muncul di sebuah DLC yang terdiri dari 4 episode, dimana dia ingin mengambil kembali barang-barang miliknya dari ruangan Hugo Strange.

Catwoman pertama kali muncul dikomik Batman #1 yang terbit pada musim semi 1940. Dalam film layar lebar, Catwoman juga muncul dalam Batman Returns (1992) yang diperankan oleh Michelle Pfeiffer & Catwoman yang diperankan oleh Halle Berry. Catwoman juga akan muncul lagi dalam film Batman terbaru berjudul The Dark Knight Rises yang akan diperankan oleh Anne Hathaway.
Source: Original.

Tidak ada komentar: