2011-11-12

Tips Presentasi Film Buatanmu STEP 2

ada 1 tips yang terlewatkan yaitu bagaimana membuat video preview
tunjukkan video yang mencerminkan film yang akan anda buat nantinya. Tunjukkan sedikit film itu terlebih dahulu.


Tips berikutnya setelah semua perlengkapan anda bawa adalah siap untuk presentasi didepan klien. ada banyak pikiran mengganggu anda saat ini tetapi pikiran yang mengganggu di singkirkan dahulu.


Anggap saat ini anda berada di posisi yang berbahaya, dimana anak anda butuh makan, istri anda minta jatah bulanannya, pegawai anda ngambek karena gajinya belum dibayar. Dan intinya presentasi hari ini menentukan apakah anda akan dapat membayar gaji pegawai atau tidak sama sekali?!?

Sebenarnya tidak separah itu tetapi akan lebih baik kita berhati-hati.. hehehe!! sapa tau kejadian khan.. Anyway mari lanjut!
Berikut ini adalah TIPS saat presentasi di depan:
  1. majulah kedepan dan perkenalkan diri anda
  2. perkenalkan juga darimana anda berasal dalam hal ini perusahaan apa atau mungkin sedang freelance.
  3. Berikan sekelumit apa yang anda ingin tampilkan.
  4. Panik adalah hal umum, tetapi jangan biarkan panik menjadi penghalangmu.
  5. tunjukkan story board anda dan bagikan pada para klien.
  6. tunjukkan pendukung lainnya.
  7. tunjukkan video contohnya.
  8. setelah videonya berakhir, baru jelaskan tentang apa isinya. Tunjukkan sambil membuka Power Point atau bila anda memiliki slide dengan program lain, itu sama saja.
  9. selesaikan presentasi dengan mengucapkan terima kasih.
Saya rasa tips ini adalah tips umum, tetapi akibat point 4, semua point 1-9 bisa hilang!! bayangkan kerugiannya bila anda berada di posisi yang sulit seperti yang kutulis di atas.

Dalam membuat sebuah film animasi sebenarnya gampang-gampang mudah. Tetapi banyakan sulitnya. Pertama kita bukan hanya membuat sebuah seni diam , tetapi kita harus membuat sebuah seni bergerak yang pengertiannya berbeda dari yang mungkin kita pikirkan saat ini. untuk yang sudah mengerti point apa yang harus dibicarakan tentu mudah, tetapi bila anda blank akan masalah ini, berbahaya sekali .

Sekarang film bukan hanya sebuah karya yang memakai audio visual saja. beberapa kali saya melihat ada video/film yang tidak perlu ada suara/caption yang membantu kita telah mengerti apa yang terjadi. Tetapi kembali lagi memahami hal baru ini cukup berat bila tidak di dukung oleh pengetahuan yang tepat.

Animasi tentu berbeda dengan bentuk manusia, dimana animasi punya batasan yang tak terbatas (katanya). Tetapi ternyata animasi walau tampak tak terbatas juga ada batasannya. misalnya tehnik yang digunakan dalam menunjukkan isi.

Walau demikian semua ada kelebihan dan kekurangan. Dan tugas kita bukan terpaku pada kekurangan tetapi maju dengan kelebihan yang ada. Dalam hal ini apapun kekurangan animasi jangan jadi membuat kita tidak maju pantang mundur.

Tidak ada komentar: