2011-11-13

Tips bikin Film pake Flash

daripada dibilang tips, ini tepat dibilang nasehat seorang awam yang baru menyadari kesalahannya.

saya membuat sebuah flash film dimana untuk keamanan kucoba bikin dalam bentuk exe. ketika dibuka ternyata hasil yang didapat kacau. Sebelumnya mari belajar kronologisnya.

Semua dimulai dari aku membuat video tentang tikus yang berbaris menuju depan. Untuk memastikan bahwa objek si tikus yang kubuat tersebut tidak berantakan dan dapat diberikan efek seperti bayangan, jadi kuputuskan membuat dalam bentuk objek buat gambar coretan biasa saja.
Tetapi ternyata saya melakukan kesalahan minor yang bermasalah kedepannya.

pertama dimensi yang kubuat sudah kutentukan 500x700 (aslinya lupa tapi intinya sekitar segini). Semua pasukan hewan kuletakkan pada layer2 berbeda, dimana 1 hewan 1 layer.

Pada Point ini tentu anda bingung, kayaknya ngak ada yang salah khan.. tetapi sebenarnya kesalahannya baru disadari setelah di compile jadi exe. Saat di jadikan exe, yang tampil ke user bila dalam swf adalah 500x700. Tetapi ketika dibuat dengan EXE maka semua layar kelihatan (melebihi dari 500x700
sebenarnya ini bisa di tanggulangi dengan cara melakukan masking.. tetapi ntar dulu.. bikin 1 layer masking lalu menaruh layer2 dibawah masking (sebagai sub) bukanlah solusi tepat.
Solusi tepat adalah membuat layer2 hewan tersebut didalam objek. yap.. jadi seharusnya gw bikin flash dimana isinya 3 layer saja, yaitu:

  • layer code
  • layer objek dimana kita menaruh gambar/movie2
  • layer suara

akibat gw sesumbar dan kurang latihan .. apalagi pas nunjukin ketika presentasi.. yah jadinya kayak gini deh.. hehehe

Tidak ada komentar: