2015-01-08

sekedar curhatan

mungkin ini bisa jadi pertimbangan anda yang belajar programing (php bisa di anggap bukan programing lho? silakan ignore saja, karena kita lebih suka menganggap ini bagian dari programing )..
dimana belajar programing itu jgn jadi belajar mengingat code atau ingat dimana km ketik kode ..

1. bagaimana cara anda menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah..? ini adalah modal pertama bila kamu faham koding.. karena kita tak pernah tahu apakah prosedur yg kita kerjakan sesuai atau tidak.. dan kl ada masalah apa yg harus dilakukan?
co/ : menjalankan query, selain urus tampilan dan data yg keluar.. hrs urus kl query itu salah ato tidak ada data



2. tampilan itu yang dilihat? klien lebih suka liat tampilan.. dan beberapa saya temui dilapangan yang akhirnya jadi klien saya (maaf sy cuma punya 1 klien dan berharap bisa nambah.. kisah kenapa cuma 1 itu sedih sekali)
klien sendiri sudah merasa mapan dalam perusahaan, ada prog yg kayaknya cuma bikin ribet malah seharusnya ditolak.. tp krn dasarnya dia merasa .. org yg bikin kasihan.. dan lagipula biar ngak ribet.. jadi diterima
intinya ada klien yang merasa dgn ngasi km kerjaan programing.. berarti diam2 dia membantu / ngasi amal secara ngak langsung.
disini km hrs bs membatasi mana yg lebih dominan? tampilan/prosedur.. ada no 1 dan 2
balasannya ada di no 3

3. prog bisa berkembang.. hanya saja memikirkan prog yg km bikin hari ini agar bisa berkembang besok itu gk mudah.. bahkan sy yg pake joomla saja masih ribet.. namun bila km faham apa yg akan di kerjakan, km akan faham apa yg didapat klien.
disini km hrs fahami bahwa programing hari ini tidak bisa sama untuk 1-2 tahun berikutnya.. namun disini sy bingung ttg prog yg memakai foxpro ?? apa gk mau dibuat jadi vb ato lebih advance?

4. carilah pasangan... dalam hal ini kamu lakukan di kehidupan nyata ( hehehe ) disini yg saya maksud adalah prog kamu harus bisa dipasang library atau tambahan baru.. baik berupa js atau lib lebih ribet.. tujuanya seperti no 3 krn prog km harus bisa berkembang..
sulit? memang sulit.. tapi itulah sekelumit jadi programer..

Tidak ada komentar: