2013-07-21

Ask2Solve: Unable to locate the model you have specified

Pertanyaan:
mo tanya error kayak gini kenapa ya mastah ???
"An Error Was Encountered: Unable to locate the model you have specified: setting"

Jawaban:
periksa perintah load model ($this->load->model) pada controler ato malah pada model.. lakukan pencarian dan temukan perintah tersebut..

Error hadir sebelum Controler?

Bila belum solve juga, taro perintah 
die('tes'); 
pada awal fungsi di controler yang di akses. Tapi pastikan bila ada function _CONTRUCT.. letakkan disana.. namanya juga testing.. Namun ternyata error ini bahkan hadir sebelum controlernya sempat di load.. kalau demikian.. periksa di config/autoload.. periksa juga apakah model2 yg tertulis juga ada yg manggil model hilang tersebut.

TIDAK KETEMU DI AUTOLOAD

Namun ternyata error ini bahkan hadir sebelum controlernya sempat di load.. kalau demikian.. periksa di config/autoload.. periksa juga apakah model2 yg tertulis juga ada yg manggil model hilang tersebut.. Tapi ingat, terkadang ada model yang manggil model juga, jadi periksa model2 itu sekali lagi.

HELPER manggil model

Ini langka.. Namun bukan berarti tak ada. Coba intip masing2 helper yang tersedia (semoga tidak banyak)! carilah apakah mereka berhubungan dengan model?

Kesimpulan

terima kasih sudah membaca. Sejujurnya tehnik mencari masalah ini adalah bagian kecil dari debugging. Jadi tingkatkan kemampuan kamu dalam melacak error, karena dalam programing error bukan sekedar masalah saja tapi sebagai cambuk agar km lebih baik ke depannya

Tidak ada komentar: