2014-01-25

Bikin tampilan yang tidak menyusahkan.

topik ini dalam rangka menjelaskan point-point penting saat pelajaran PHP nanti. Proyek yang akan dibuat saat itu adalah proyek MCU. dimana kita akan membuat program yang mencatat kesehatan dari pasien. Tunggu apa sulitnya? pertama ini mudah tetapi yang buat sulit adalah

  • memakai jqgrid (maaf easy ui bermasalah)
  • input data kesehatan bertambah?!? 
  • membuat tampilan dalam bentuk word
Sebenarnya ada sebuah kebingungan dari saya terhadap program MCU ini yaitu masalah tampilan yang sesuai dengan keinginan pemilik program! Pertama yang memakai program bukanlah orang tahu komputer, mereka sudah bertahun-tahun membuat laporan dengan word tetapi sayang masalahnya pemilik program ini lebih sering membuka banyak aplikasi sekaligus. Dalam wawancara seh katanya mereka biasa membuka banyak agar tahu berapa yang mereka kerjakan!
Jelas ini mengagetkan! khan bisa 1 aja lalu selesai buka lagi.. tapi ternyata mereka punya semacam agenda. 1 orrang pegang 5 pasien (bongkar rahasia ada 10 pasien tiap harinya). Dimana 1 orang harus selesai masukkan 5 pasien lalu lanjut temennya yang masukin 5. Jadi ada 1 orang/perawat buka 5 halaman baru sekaligus. Lalu di input 1-1.
asumsikan saja cantiknya seperti disamping! Walau aslinya tidak cantik-cantik banget. Walau para perawat cantik-cantik, namun karena stress kerja ya mereka jadi cepet tua.

Tetapi jangan takut, Program ini dateng untuk mengurangi stress. Pertama kita harus menghormati keputusannya membuka dalam 5 tab sekaligus. Dan ingat bagaimanapun juga mereka yang bayar sistem kita bukan kita yang bayar mereka. Mari langsung ke point masalah.
Alasan mereka klise yaitu mengetahui berapa yang sudah mereka kerjakan, bila sudah 5 atau sesuai yang dipegang maka bisa lanjut. Memang saat itu tidak ada log/user dalam program ini. Namun perlu di maklumi karena saat itu blum terlalu pintar dalam hal tampilan! Baru akhir-akhir ini agak faham ttg perlunya tampilan

MELIHAT FORM DAPAT MENYAKITKAN

hal ini yang baru disadari saat mencoba menginput banyak data terus menerus. Solusi dulu adalah memberi hitam pada tampilan sehingga mata tidak melotot. Tapi ternyata ada hal lain yang tidak diperhatikan! tidak semua orang setuju pemakaian hitam. Bagi beberapa mungkin tak keberatan tetapi bila yang protes adalah perempuan dan sudah tua! itu jadi masalah.
Blum lagi perempuan ini udah stress dalam pekerjaan dan menganggap mengisi form adalah neraka yang tidak bisa dia lewati! Jadi janganlah buat user merasakan neraka dalam tampilannya. Dan taukah apa yang kulakukan untuk membuat dia enak melihat!!? memberikan warna asik (merah muda contohnya)

WARNA CANTIK

masa seh warna cantik dapat menyelesaikan! tetapi nyatanya memang bisa membantu! bagi cowok warna merahmuda atau cantik mengganggu, namun tidak bagi perempuan. Ternyata perempuan saat diberikan 10 warna berbeda mereka melihat sebagai warna berbeda. Dan laki-laki melihat sebagai 3 warna saja. Dengan penambahan warna ini, lumayan kita bisa nambahin harga jadi lebih mahal.
Jahat? well tidak juga.. kita khan bukan membuat program yang membuat stress pemakai, tetapi membantu mereka.. dalam hal rohani dan jasmani ! Sayang saya lupa menambahkan bahwa icon dalam navigasi juga penting (catatan untuk update prog berikutnya)

ICON atau GAMBAR

memakai gambar/icon dalam menunjuk apa yang akan dilakukan bisa jadi bumerang bila gambarnya tidak tepat. Itu sebabnya saya biasa menambahkan kalimat penjelesan! walau tidak lupa menampilkan penjelasannya lagi yang versi detail. Dalam jquery kita bisa mencari pakai kata kunci jquery popup

TAMPILAN MENU

sSya ngak anti menu yang dropdown dan saat kamu klik kanan ngak keluar popup menu. Namun bila karakter yang memakai seperti di atas! kurasa akan lebih baik kamu memberikan menu yang tidak menyulitkan. Masalahnya yang pake program belum tentu muda tapi tua sampe 40an!!
*kalau muda udah gw pacarin walau nyatanya ngak dapet satupun krn masalah personal

Kecuali kalau 40an wajahnya kayak Monica Bellucy di atas ane.. boleh deh.. Tapi dunia ngak seindah itu! Yang lebih menyusahkan adalah ternyata dari dia bingung karena menunya terlalu banyak!! nah disinilah keahlian kita dalam menyusun menu diperlukan

SUSUNAN MENU

sampai tulisan ini dibuat, susunan menu yang kubuat tidak rapi. Hal ini di dasari atas lebih pada pemakainya bukan fungsinya. Maksudnya begini.. saya mengelompokkan pada pemakai seperti Kasir dan apa aja fungsi yang dia lakukan; Bukan fungsinya misal Dokter (lalu menampilkan list dan lain-lain).
Namun hal yang profesional memang menampilkan berdasarkan fungsi. Tetapi masalahnya bila kita berhadapan dengan user Indonesia, kita jangan lupa mereka bukanlah orang yang ahli komputer, tetapi bukan berarti entah 5 tahun lagi semua berubah! Tapi ada satu yang mengejutkanku.. bagaimana kalau teknologi makin kecil dan sistem kita harus jadi mobile !

Tidak ada komentar: