Dimulai dari bagaimana pendapat orang terhadap web anda sangat penting. Dan pendapat orang yang hanya mengatakan bagus saja tidak memberikan masukan dari keinginan anda membuat web.
Perlu di garis bawahi, kita membahas web dan kegunaannya. Bagaimana kita mengetahui kegunaan web ini tercapai bila yang didapat hanya kata OKE, bagus dan sejenisnya.
Klien disini adalah target utama buku ini. Kita tidak bisa menyamakan semua user yang memakai web itu. Namun kita dapat mengetahui perilaku dia yang paling dasar.
Perilaku yang paling dasar adalah mereka tidak mau banyak mikir dan langsung memakai situs ini. Selain itu mereka tidak mau direpotkan hal sulit sehingga manajemen klik untuk mencapai keinginan mereka dibahas disini.
Dijelaskan apabila seseorang masuk web dan dia hendak mencapai sesuatu. Buatlah kita hanya butuh 1 (belum tentu bisa) atau 2 kali klik. namun jangan sampai lebih karena orang itu dapat saja bingung.
Point penting dalam web adalah bagaimana orang langsung menekan link yang ada di dalam web. Masalah yang muncul saat ini adalah orang masuk kedalam situs biasanya
- orang yang memang butuh web anda
- orang yang isenk lewat
- orang yang terburu-buru.
dalam bab 1 dan 2 dijelaskan bahwa yang masuk adalah orang yang buru-buru. tentu saja kita bisa menangkap kelakuannya yaitu
- dia akan klik link yang dia butuhkan
- da akan klik link yang menarik
- dia tidak akan banyak membaca
- dia tidak mau terlalu banyak berfikir.
- Dia memutuskan membeli pada pilihan yang kita berikan. Jadi kadang memberikan pilihan membeli atau membujuk bukan hal yang buruk.
- Dia tidak tahu apa-apa dan selalu mencoba apa yang ada di site. Kalau kita membuat terlalu bertele-tele dan dia merasa kayak tersesat.. yah hilanglah calon pelanggan kita
- apa yang anda baca barusan tidak sesuai dengan kenyataan saat ini.
Hal di atas masuk dalam fakta yang ada di klient. Bahkan dalam waktu kurang dari 1 menit anda di dalam web saja sudah di anggap terlalu lama berfikir! Masih ada bab-bab lain, tetapi bukan berarti tulisan saya final. Bab 1 dan 2 tidak membahas dimana meletakkan link, bagaimana warnanya dan bagaimana template dapat mempengaruhi klien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar