2013-07-27

Logika Dasar programing

Sekedar sharing, logika setiap orang tidak selalu sama. Dan tidak semua orang memahami logika orang lain. Sebagai dasar, saya mau share logika yang mungkin agak nyeleneh tapi bisa jadi fondasi kamu belajar programing.
Kita pernah berada di situasi memikirkan sebuah logika yang sulit. Tapi sampai 30 menit bengong ngak dapet-dapet.. cara ampuh yang kulakukan adalah.. cuci muka, ke wc dan minum sesuatu yang enak.. Namun ingat jaga kesehatan ya.

Sebelum memulai mari mendengarkan lagu kesukaan kita.. Kalau saya lagu ini
lagu ini menjadi judul film yang isinya lagu-lagu dari band Abba. Lalu kita akan main logika pencarian dahulu. Logika yang sederhana tapi kadang kita miss.

MENCARI ABBA

Kita menuju ke Youtube lalu kita mencari abba. Otomatis kita akan mendapatkan list judul2 lagu ABBA. Disini kita tentu melihat.. kita mengetik "abba" lalu keluar list lagu-lagu abba. Namun perhatikan baik-baik halaman berikutnya. Ada video tentang orang yang komentar mengenai lagu Abba yang membuat kehidupannya lebih berwarna .. (anggap saja ada).. Sebenarnya bagaimana seh logika hingga bisa keluar listnya.

Menyamakan nama pencarian

Kita mengetik "abba", secara otomatis dicari di database (arsip).. judul film yang berhubungan dengan abba, punya judul abba bahkan tag nya abba. Namun ini belum berhenti disitu aja, dia juga mencari di keterangan. Logika disini belum sampe mengurutkan, jadi anggap aja kalau ketemu di tampilkan (tidak ada sort by)

Tapi perlu diketahui, mencari kata abba itu ternyata berbeda dengan mencari ABBA!! Disini kita memeriksa data secara sensitif, jadi akhirnya kalau pencarian yang sebenarnya.. Yang keluar mungkin bukan lagu (karena Abba memakai kapital semua bukan huruf biasa), tetapi untuklah sistem youtube mencari tanpa melihat hurufnya.

Disini kita bisa tarik logika pertama yaitu.. mencari tidak secara case sensitive. Berlanjut ke pencarian kedua yaitu pencarian berdasarkan kata yang lebih sering muncul? dalam database youtube, film yang memiliki kata kunci dan jumlah view terbanyak akan hadir pertama kali. Disini kita mendapat logik cara agar mendapat posisi awal.

Paging

Pencarian tidak selalu mendapatkan hasil sedikit, terkadang banyak. Disinilah mulailah ada yang disebut paging atau pemberian halaman. Halaman disini untuk membatasi jumlah yang dapat dilihat dalam 1 halaman.  saat menekan halaman berikutnya, maka halaman yang baru akan berbeda isinya (walau secara tampilan berbeda di sisi konten)

KESIMPULAN

TIdak sulit membuat sebuah logika! Namun lebih sulit apabila kamu tidak memecah jadi kecil untuk mendapatkan solusi terbaik

Tidak ada komentar: