2013-06-11

Programer tidak selalu harus bikin dari dasar

menjadi programer itu bukan berarti harus membangun dari dasar. Kita mengenal yang namanya CMS, Framework dan program yang udah jadi. Yang menjadi masalah mungkin adalah menemukan hal yang tepat.
Hari ini ngeliat Tompi mendadak pengen dengerin lagunya. Jadi mari sambil baca artikel juga mendengarkan lagunya. Rada Jazz tapi cukup enak di dengar.

Bila anda kesulitan memakai cms, fw dan sejenisnya. Cobalah buat   FW sendiri. Membuat FW sendiri bukan berarti harus bikin seperti CI, YII atau Cakephp. Tetapi membuat sebuah bentuk coding yang sesuai dengan gaya kamu. Tapi ingat bikin yang sesuai gaya kamu bukan berarti gaya di atas beda ama gaya di bawah. Well itu saran seh, sampai kamu membaca tentang penggunaan framework untuk bantu program kamu.

BENTROK!!!

sebenarnya yang saya bahas diatas adalah gaya untuk coding php. ketika masuk ke html dan css, mau ngak mau permintaan gaya ini terpaksa di langgar. Bagi saya html dan css adalah sebuah seni, dan nulis php juga seni. Namun bedanya html terlihat tapi PHP tidak. Sayangnya kita lebih suka melihat tampilan bukan cara kerja program/sistem

Agar tidak basa-basi mari kita bahas ke permasalah program, ada yang ingin bikin CRUD!! bila anda cari di blog ini pasti ketemu dengan CRUD easy-ui!! tetapi selain minta CRUD yang gampang, dia juga ingin ada sistem WYSWYG (text editor). mengikuti tulisan awal, kita pakai yang sudah ada sampai menemukan bahwa terjadi bentrok!?

Bentrok disini lebih kepada css yang kembar (style) atau javascript (jquery) yang berbeda. Untuk jquery sebenarnya bisa pakai jquery no conflict, namun entah kenapa tetap menyulitkan bagi kita. Pembahasan disini bukan cara menanggulangi masalah bentrok tetapi bagaimana anda memanajemen coding anda sendiri biar ngak bentrok.

Akhir kata jangan takut mencontoh atau memakai yang sudah ada. Kamu menjadi programer mungkin kesulitan dalam memakai FW, CMS atau tools pembantu lainnya. Namun bukan berarti km tidak bisa meminta tolong. Berikutnya saya akan bahas cara minta tolong yang benar dan berujung anda dapat scriptnya.

Tidak ada komentar: