2013-06-13

membuat tutorial yang dapat dimengerti

taukah kamu hal yang paling menyedihkanku saat membuat blog!? adalah memastikan pembaca walau pemula dapat mengerti. Saya dah mencoba menulis yang pendek!! tetapi tetap tidak dimengerti.. Saya sudah jelaskan dengan detail logikanya dan script saya pisahkan.. Tetap nihil.

Pemrograman / coding itu bukan perkara mudah. Perlu diketahui bahwa membuat tulisan tidak semudah membacanya. Belum lagi fakta tulisan saya kalau di edit2 bisa sesuai apa yang dia butuhkan!!

Coding saat ini berbeda dengan yang dulu! sekarag dengan coding sedikit maka hasil sudah banyak! seharunya sekarang jadi mudah!! Namun tetap saja penjelasan cara pakainya tetap tidak mudah baru pemula!

Harus dimaklumi, pembuat tools tersebut terkadang dari orang yang memiliki kemampuan tinggi. Kadang dia ngak sadar kalau masih ada orang yang tidak sefaham dirinya. Kita ngak bisa menyalahkan!! karena daya tangkap tiap orang berbeda!

Kedepannya saya akan berusaha lebih mendekatkan diri kepada user yang membutuhkan coding! dibandingkan menjadikan tutorial tersebut terbaca! karena mengajarkan ilmu itu adalah tindakan berpahala!

Tidak ada komentar: