2012-11-16

Editor FTW

Ini bukan tentang apa kendaraan yang kamu naiki. Tetapi ini siapa orang yang ada dibelakang kemudi. Fakta saja, anda mengendarai mobil yang orang bilang tidak hebat tetapi anda bisa menang pertandingan drift. Tidak peduli apa kendaraan anda, bila memang anda mampu, maka anda bisa menjadi sang 'juara'. Topik ini bukan bahas balapan, hanya bahas apa yang lagi saya pikirkan

Film Initial-D menceritakan Takumi yang sehari-harinya mengantar tahu. Tetapi dia tanpa sengaja mengalahkan seseorang dijalan sambil memastikan tahu yang dibawa tidak jatuh! padahal yang dilawan baru saja menang pertandingan balap dan mempermalukan lawannya.

Saat melakukan coding terutama coding dan membuat design, kita pasti ditanya apa alat yang kamu gunakan?!? beberapa menyebut merek terkenal tetapi entah kenapa jarang ada yang nyebut editor yang 'FREE'. Free disini bukan gratis, tetapi bebas.. Bebas dari masalah lisensi, biaya dan lain-lain!! walau lebih fokus kita sebut free gratis.

Sebagai contoh Dreamweaver, editor yang cukup bagus. Tetapi fakta dilapangan DW memang bagus, namun tidak murah mendapatkannya (normalnya). Tapi ketika ditanya kamu dapat DW dari mana?? dijawab dari **** (server download).. Tentu saja saya lemas.

Editor Free juga tidak memberikan hal yang memuaskan seperti DW, saya bisa akui kenyataan itu. Sehingga saya tidak berkelit kalau saya memakai editor tersebut untuk mengedit coding yang saya buat.

Tapi bila saya ke LN, apakah saya akan bisa meneruskan kegiatan ilegal tersebut?! memakai DW dari bajakan bisa berakibat fatal. Kalau PC dibawa mungkin minor.. tetapi bagaimana kalau di deportasi dan dilarang keluar dari negara Indonesia!! Mau dibawa kemana muka saya.

Saya sebenarnya membenci Windows dan segala apa-apa bayar. Tetapi setelah beberapa waktu, saya mengakui bahwa filosofi rakus Mikocok itulah yang harus saya ikuti.. Ilmu tidak akan hadir gratis, Internet saja bayar, beli buku bayar! apalagi fotokopi. Biaya belajar aja tidak gratis intinya.. karena belajar perlu makan, bahkan makannya bukan makan yang murah.. harus makan yang spesial.. Belum lagi OBAT-obatan karena terlalu lelah belajar.

Menurut saya saat ini.. Jangan terlalu berpegang pada editor yang bajakan. Siapa tau nasib anda beruntung lalu ke Luar negeri, tetapi disana ternyata bisa pake editor yang selama ini bajakan. Tetapi bagaimana kalau diluar tidak bisa/diperbolehkan?!?  anda bisa rugi. Saya tidak melarang anda pakai bajakan, tetapi cobalah melirik yang 'FREE' juga bantulah yang 'Free' dengan memberikan donasi.

Ingat biaya belajar tidak murah. Karena Internet saja bayar khan walau anda mencuri dari tetangga. Karena disini, usaha anda mencuri itu saja dapet dari sumber yang tidak gratis.

Tidak ada komentar: